Tips Dasar
1. Memulai sebuah blog tidak sesulit yang anda pikirkan
Abaikan kebisingan dan fokus pada pekerjaan. Memulai sebuah blog bukanlah hal termudah yang pernah Anda lakukan, tapi pastinya tidak sesulit yang Anda bayangkan.
Jika Anda melakukan segalanya menurut buku, pengaturannya tidak akan memakan waktu lebih lama dari 20 menit. Kami akan tinggal di sisi Anda selama proses berlangsung, jadi jangan ragu. Dari situ, ini semua tentang semangat dan konsistensi.
2. Hindari kesalahan pemula
Tapi sebelum Anda terburu-buru untuk pergi, berhenti untuk belajar apa yang blogger lain pelajari dengan cara yang sulit. Begitu kegemaran itu masuk, Anda tidak akan pernah kebal terhadap kesalahan blogging umum ini juga. Tuliskannya jika membantu, tapi pastikan untuk menghindarinya dengan harga berapa pun.
Berikut ini adalah kesalahn yang sering pemula lakukan dalam dunia blogging:
Menjadi perfeksionis
Jiwa blogging bukanlah tempat untuk mencela diri sendiri. Sebuah posting blog yang sempurna tidak ada, jadi jangan sia-siakan waktu berharga Anda untuk melakukan tugas Sisyphean. Itu tidak berarti Anda harus mempublikasikan semua yang Anda tulis. Anda harus menemukan jalan tengah antara ketidaksenangan dan nit-picking.
Mempromosikan diri
Promosi diri tidak pernah merupakan cara yang baik untuk pergi. Jika Anda ngeblog tentang bisnis, produk, dan layanan Anda, cobalah untuk tetap tidak mencolok sesuka Anda. Berikan konten yang menarik perhatian dan berikan nilai. Penonton akan menemukan jalan mereka ke keranjang belanja sendiri.
Tidak berinteraksi dengan penonton
Anda harus terus memantau audiens terlebih dulu. Berinteraksi dengan pembaca Anda secara teratur, dan selalu menanggapi komentar mereka.
Dengan melakukan ini, Anda akan membiarkan mereka tahu bahwa waktu mereka dihargai, sehingga membangun kesetiaan dan kepercayaan yang Anda butuhkan untuk mencapai puncak.
Tidak beriklan
Jangan berharap hal itu akan terjadi dalam semalam. Karena Anda akan menghadapi persaingan ketat, Anda harus meluangkan waktu untuk mempromosikan posting Anda. Sebarkan pesan di semua saluran, dan tetap berkomitmen untuk berbagi sampai blog Anda mendapatkan keuntungan.
Tidak sesuai jadwal
Jangan pernah meninggalkan konten audiens Anda-haus terlalu lama. Tidak perlu menerbitkan posting baru setiap hari. Buat jadwal, tulislah secara konsisten dan mengejutkan mereka dengan yang segar setidaknya seminggu sekali.
3. Pilih niche yang tepat
Ada dua pertanyaan penting yang harus Anda tanyakan sebelum memasukkan niche blog mana pun:
Seberapa berpengetahuan dan penuh gairah tentang topik yang sedang Anda hadapi?
Apakah niche yang dipilih cukup besar, dan jika memang begitu, seberapa ramai?
Menemukan yang benar Niche bisa menjadi prestasi yang menakutkan, tapi tidak ada yang bilang Anda membutuhkan semua jawaban sejak awal. Tidak ada niche yang sepenuhnya dieksplorasi, dan masih banyak lubang di pasaran. Anda selalu bisa mempersempit pilihan Anda.
4. Pilih nama domain yang tepat
Akhirnya, bagian yang menyenangkan! Nama blog adalah kesempatan Anda untuk membuat kesan pertama yang menarik, sehingga membuat jus kreatif itu mengalir. Jangan terlalu mewah.
Nama domain yang menarik harus mudah untuk mengetik, ditemukan dan diingat. Buatlah jelas, tapi unik, dan dengan sebanyak mungkin kata kunci.
5. Jangan menggunakan platform gratis (jika anda serius dengan blogging)
Jangan menipu diri Anda dengan berpikir bahwa menjadi seorang blogger akan bebas pulsa. Dan, kita tidak hanya membicarakan tentang potensi pengorbanan yang harus Anda buat.
Biaya material juga ada, meski harganya lumayan. Akun domain dan hosting yang bagus sangat penting, jadi jangan pelit.
6. Gunakan setup WordPress self-host
Pemula sering menjadi bingung antara perbedaan WordPress.com yang bebas dan self-hosted WordPress.org. Yang pertama adalah pilihan yang lebih ekonomis. Selain memungkinkan Anda membangun blog di domain Anda, dan menawarkan dukungan tema penuh dan plugin tak terbatas.
Anda harus mempertahankannya sendiri dan membayarnya setiap bulan, tapi ini adalah biaya kecil untuk apa yang akan Anda terima sebagai gantinya. Dengan setup Wordpress yang diinangi sendiri, Anda bisa melakukan apapun yang Anda inginkan dengan blog Anda, dan itu 100% untuk Anda.
7. Belajarlah dari blog favorit yang ada
Ya, Anda harus melakukan beberapa menyelinap. Dan ya, itu akan untuk kebaikan yang lebih besar.
Anda dapat belajar banyak tentang perilaku dinamis dan pemirsa niche Anda dari pesaing Anda. Terutama dari mereka yang sudah mendapatkan gelar "influencer" yang menyanjung itu. Letakkan kesombongan penulis Anda ke samping dan berlangganan ke blog mereka.
8. Pahami semua manfaat blogging
Dengan banyak ketekunan dan keberuntungan, scene blogging bisa sangat menguntungkan. Tapi, mari kita tidak membuat semua tentang uang. Blogging itu menyenangkan, inspiratif dan kreatif.
Sebuah blog akan membiarkan Anda mengekspresikan diri, berbagi semangat dan pengetahuan Anda, dan membuat beberapa perbedaan di dunia ini yang kita jalani.
Jika kemajuan karir adalah tujuan utama Anda, Anda juga bisa melakukannya. Blogging dapat membantu Anda memperbaiki kemampuan menulis Anda, mendapatkan eksposur, membangun jaringan, menjadi otoritas di industri Anda.
9. Beri waktu dan jangan menyerah
Anda membuat artikel blog dan posting, tapi belum ada yang terjadi. Sukses blogging butuh beberapa waktu dan usaha, jadi jadilah keras kepala.
Mungkin beberapa bulan sebelum kerja keras terbayar, tapi blogging akan mengajari Anda satu hal atau dua hal tentang bersikap ulet. Dan, itu manfaat lain yang akan diberikan blogging.
10. Belajarlah untuk mengambil kritik
Semakin cepat Anda menerima bahwa tidak ada yang sempurna, semakin cepat Anda dapat tumbuh dari kesalahan Anda. Meski kritik bisa kasar, setiap jenis umpan balik adalah kesempatan untuk perbaikan.
Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah memilih pertarungan publik dengan pencari kesalahan Anda. Mereka adalah audiens Anda juga, dan penonton ingin didengarkan, diakui dan dihargai.
Hal ini tidak hanya akan membantu Anda menjadi lebih baik dalam apa yang Anda lakukan, tapi juga akan memacu hubungan jangka panjang yang dibangun berdasarkan kepercayaan.
11. Temukan cara untuk mendapatkan inspirasi
Seperti halnya proses kreatif lainnya, akan ada saat dimana layar laptop Anda tidak akan memberi apapun kecuali tatapan kosong.
Kami tidak akan berbohong kepada Anda menemukan inspirasi untuk menulis yang konsisten adalah sebuah seni yang hanya sedikit yang bisa kami kelola. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba.
Siapkan Google Alerts untuk tetap selaras dengan berita niche Anda. Lihat pos pesaing Anda untuk mengetahui apakah Anda telah melewatkan berita atau acara terbaru.
Anda selalu bisa mengirim polling dan memberi pembaca kesempatan untuk mengambil bagian dari pencarian ide. Tapi, ingatlah bahwa wawasan baru dan konten inovatif adalah tanggung jawab Anda. Baca semuanya, ikuti semua orang, dan selalu siap memberi sendok eksklusif.
12. Tetap di atas dan cek blog lainnya
Jangan pernah melonggarkan, tidak peduli seberapa keras, membuat frustrasi atau kusam. Bergerak ke atas adalah perjalanan paling gila, tapi tetap di atas membutuhkan komitmen serius.
Jangan melambat sebentar, karena hanya akan semakin seru. Jadikan jadwal penerbitan Anda sedikit lebih sibuk saat pembelanjaan pembaca Anda berkembang. Tetap berdialog kreatif dengan sesama blogger.
Temukan cara berinteraksi dengan audiens Anda, dan yang terpenting, tetap konsisten dalam pekerjaan Anda dan sesuai dengan suaramu.
Tips Membuat Konten Berkualitas
Anda bisa mengambil gambar yang buruk dan memasukkannya ke dalam bingkai barok, tapi gambarnya tetap buruk.
Sama halnya dengan blogging tidak ada tema situs web di dunia yang bisa menghasilkan artikel yang buruk. Konten adalah sesuatu yang menambah nilai bagi kehidupan pembaca, tapi bukan berarti Anda harus puas dengan apa pun.
Konten adalah salah satu bagian terpenting dari rutinitas blogging, jadi perhatikan baik-baik.
13. Pahami audiens Anda
Banyak blogger sukses mengklaim bahwa tidak ada rahasia besar atau formula ajaib untuk memberikan konten bintang.
Satu-satunya hal yang harus Anda lakukan, seperti yang telah ditunjukkan oleh pengalaman mereka, adalah menulis sendiri.
Saran ini tepat untuk uang. Ini menekankan pentingnya sangat bersemangat tentang topik yang Anda jelajahi. Tapi, Anda pasti tidak akan menjadi satu-satunya orang yang membaca posting Anda.
Untuk mendapatkan perhatian pembaca, Anda harus terbiasa dengan apa yang audiens Anda inginkan.
Pembaca ideal blog Anda adalah orang yang kebutuhannya selaras dengan niche pilihan Anda. Pikirkan orang itu, topik yang ingin mereka baca, solusi yang mereka butuhkan, dan jenis konten yang ingin mereka lihat.
Habiskan satu hari Anda! Baca blog mereka biasanya membaca dan meneliti tren media sosial. Temukan mereka di forum khusus niche atau bicaralah dengan mereka di konferensi.
Jajak pendapat, survei, dan wawancara bisa sangat membantu juga. Penelitian dapat memberi tahu Anda banyak tentang siapa yang mungkin membaca konten yang Anda tulis.
14. Atur Ide Anda
Saat mencari topik yang bagus untuk posting blog Anda, gunakan "gagasan". Brainstorming akan membuat Anda memiliki banyak gagasan yang melayang-layang di kepala Anda, jadi tandai semuanya.
Alat pemotretan seperti Evernote dan Trello adalah cara cemerlang untuk membuat mereka tetap teratur.
Gagasan tanpa eksekusi tidak berharga, jadi mulailah mengerjakannya satu saat pada saat itu. Anda harus memikirkan seberapa sadar pembaca ideal Anda dengan topik yang ada karena hal itu akan menentukan jenis dan cakupan pos.
Katakanlah Anda berencana untuk menulis tentang strategi pemasaran konten. Apakah posting Anda akan menjadi panduan menyeluruh untuk pemula atau serangkaian tips untuk pemasar berpengalaman?
Buat catatan dan susun proses brainstorming, sebelum Anda mulai membuat ide Anda menjadi kenyataan. Begitulah cara semua pemikir kreatif melakukannya, jadi gunakan waktu Anda dan selalu tangkap apa yang ada di pikiran Anda.
15. Datang dengan strategi isi
Dalam pemasaran, mengembangkan strategi konten biasanya merupakan proses yang panjang dan melelahkan.
Bagi blogger, ini cara yang lebih sederhana dari itu. Ini bukan apa-apa selain kerangka kerja yang memetakan jalur yang jelas yang akan membawa Anda ke puncak, jadi mulailah dengan menentukan tujuan Anda.
Apakah Anda akan menulis untuk menginspirasi atau menjual? Tonggak Anda bisa diatur dan diukur dalam share sosial atau titik konversi.
Dalam kedua kasus tersebut, Anda harus memahami audiens Anda di dalam dan di luar.
Apakah tujuan utama Anda adalah mengubahnya menjadi penggemar setia atau pelanggan yang membayar, Anda harus menemukan format konten yang akan membantu Anda mencapai tujuan itu.
16. Buat jadwal isi
Terlepas dari tujuan Anda, sebuah blog yang tak tertahankan harus menyenangkan para pembacanya dengan konten segar secara teratur.
Sebagai pemula, Anda bisa mempublikasikan posting baru secara acak. Tapi, jika Anda ingin mempercepat pertumbuhan Anda, Anda harus membuat jadwal blogging yang konsisten dan menaatinya, tidak peduli apa.
Mulailah dengan menetapkan frekuensi penerbitan yang optimal. Berapa banyak artikel yang bisa Anda tulis per minggu, dan seberapa sering Anda mempublikasikannya?
Jangan menggigit lebih dari yang bisa Anda kunyah karena konsistensi adalah kuncinya. Selalu lebih baik memulai dari yang kecil dan membuat rencana untuk perbaikan di masa depan.
Jika Anda menjalankan blog sendiri, menulis tidak akan menjadi satu-satunya pekerjaan Anda. Anda harus melakukan brainstorming, meneliti topik baru, merancang, mempublikasikan dan mempromosikan posting Anda juga, jadi jangan lupa untuk meninggalkan ruangan untuk itu.
17. Tulis judul berita yang menarik
Headlines adalah apa yang menjual konten. Mereka menentukan peringkat SEO dan rasio baca-baca posting Anda, jadi kami tidak perlu memberi tahu Anda lebih banyak tentang seberapa kritisnya kesuksesan Anda.
Meski begitu, menyusunnya tidaklah mudah. Anda harus mempertimbangkan panjang, kata-kata dan peringkat mesin pencari, dan tetap, membuat mereka mudah diingat dan mengundang.
Pertama, buat judul kerja yang menentukan topik. Kemudian, buat nilai yang akan diberikan pembaca ke pembaca dengan sangat jelas. Pilih kata-kata yang kuat dan berdampak, tapi tetapkan seluruh judul di bawah 60 karakter.
Google akan menampilkan 50-60 karakter di hasil pencarian. Gunakan Google AdWords untuk menemukan volume kata kunci pencarian dan membuatnya menjadi SEO-friendly.
18. Konsisten dengan posting blog
Konsistensi mempengaruhi lalu lintas, dan itu adalah fakta. Jika Anda mempublikasikan banyak posting dua hari berturut-turut, tapi kemudian berlibur tiga minggu, pembaca Anda akan bingung.
Beberapa akan merasa frustrasi, orang lain akan melupakan Anda. Bila tidak ada konten segar, tidak ada alasan bagi orang untuk melihat blog Anda.
19. Tulislah sesering mungkin
Konsisten, tapi jangan memaksakan diri untuk tetap mengikuti rutinitas blogging orang lain. Semakin sering Anda menulis, semakin cepat Anda akan tumbuh. Tapi, itu tetap tidak berarti bahwa jumlah posting Anda harus mempengaruhi kualitasnya.
Kombinasi terbaik dari keduanya adalah frekuensi penerbitan satu sampai tiga posting dalam seminggu.
20. Tulis konten evergreen / abadi
Memang benar bahwa blogger berpengaruh adalah trendsetter di niche mereka. Tapi pertimbangkan ini, tren datang dan pergi, dan segala sesuatunya menjadi usang lebih cepat dari yang diperkirakan.
Pos yang Anda publikasikan bisa inovatif, tapi hanya selama mereka memiliki kualitas tertentu.
Dibandingkan dengan topik yang mungkin berubah seiring berjalannya waktu, konten evergreen selalu relevan dengan pemirsa niche.
Tidak selalu mudah untuk dibuat jika Anda akan menulis tentang tren mode atau teknologi.
Tapi, Anda tetap bisa membuatnya dengan memasukkan posting dengan cara, tips, dan trik yang berguna.
21. Kandungan bentuk yang panjang akan menghasilkan hasil yang lebih baik
Anda hampir tidak bisa teliti, menarik dan membantu dalam kurang dari 1000 kata. Isi formulir panjang menyediakan lebih banyak ruang untuk analisis mendalam.
Ini memberi nilai lebih pada pembaca dan memberi Anda kreditor penulis kredibilitas yang lebih besar.
Wajar jika konten semacam itu meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di blog, mencegahnya terpental.
Selain itu, ini memungkinkan Anda menyertakan sebanyak mungkin kata kunci yang Anda butuhkan tanpa mengandung spam.
Jadi, posting panjang berarti lalu lintas organik lebih banyak, kesuksesan media sosial yang lebih baik dan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.
22. Berikan pengetahuan Anda
Jangan pegang apa yang kamu tahu. Bahkan jika ada banyak hal berbeda yang Anda pahami, cari cara untuk memasukkan semua pengetahuan itu ke konten yang Anda tulis. Ini memberi Anda perspektif yang lebih baik mengenai berbagai hal dan memberi nilai lebih bagi pembaca.
23. Buat konten yang unik
Ini adalah salah satu persyaratan utama untuk sukses, jadi perhatikanlah. Pembaca tidak tertarik untuk membaca hal yang sama berulang-ulang.
Selain itu, seorang blogger rookie memiliki beberapa kompetisi serius untuk dikalahkan, yang berarti bahwa Anda tidak akan melangkah jauh jika Anda tidak menemukan cara untuk menonjol dari keramaian.
Dalam bisnis, mereka menyebutnya sebagai titik penjualan unik atau titik diferensiasi.
Jadi, pikirkan baik-baik tentang milikmu. Menemukan topik yang belum dijelajahi belum berjalan di taman, Anda harus menemukan pendekatan unik untuk mencakup topik yang ada.
Dengan begitu, Anda bisa menulis tentang hal-hal membosankan lama yang sama, namun membuat konten Anda menonjol dengan sudut pandang baru.
Hati-hati bahwa membuat konten unik membutuhkan banyak pekerjaan. "Banyak ide Anda" harus penuh, dan tak usah dikatakan bahwa Anda harus melakukan banyak riset kompetitif untuk melihat apa yang sudah ada di sana. Apa pun yang Anda putuskan untuk ditutupi, pastikan untuk memberikan sentuhan unik.
24. Jangan hanya menulis konten promosi
Sebuah posting blog bukan sebuah iklan. Jika ada produk dan layanan yang ingin Anda informasikan kepada pembaca Anda, Anda harus berhati-hati dengan pendekatan Anda terhadap hal ini.
Misalkan Anda seorang solopreneur dengan startup yang akan datang. Pemasaran bijak, blog bisa banyak melakukan pertumbuhan perusahaan Anda. Misalkan Anda menjual aplikasi produktivitas.
Anda bisa menulis tentang segala hal mulai dari teknik belajar yang berbeda hingga keseimbangan kehidupan kerja. Dan tautkan pos Anda ke halaman produk bila sesuai. Konten harus memikat pembaca Anda untuk berkonversi, bukan memaksa mereka untuk membelinya.
25. Hindari menjadi copycat (peniru)
Kami telah menyebutkan pentingnya memeriksa blog lain untuk panduan di lebih dari satu tips. Jadi mari kita jelaskan ini, copycat tidak keren. Pertama, pembaca yang telah mempercayakan Anda dengan perhatian dan waktu berharap bisa belajar sesuatu yang baru.
Tidak ada yang tertarik membaca judul lama berulang-ulang. Jika Anda tidak menawarkan sesuatu yang asli, mereka akan pergi.
Kedua, Anda kehilangan kesempatan luar biasa untuk mengeksplorasi suaramu dan berbagi sudut pandang unik Anda.
Bagi pengusaha yang memasarkan bisnis mereka, ini berarti kehilangan kesempatan untuk mempromosikan merek mereka. Baik di lingkungan online maupun offline, belum lagi keuntungan darinya.
Akhirnya, konten yang disalin bisa membuat blog Anda dilarang masuk mesin pencari. Untuk memberikan apa pun selain nilai tinggi bagi penggunanya, Google mengembangkan algoritma spot-on yang mendeteksi bentuk plagiarisme apa pun. Dan mengetuk turun blog dari peringkat atau menghukum situs sama sekali.
26. Jadilah dirimu sendiri
Memiliki ide blogging yang unik berarti menulis sesuai gaya Anda, dengan cara otentik Anda.
Ini berarti tidak pernah bergantung pada topik yang melanggar dasar sebagai titik pembeda. Bila Anda mengembangkan suara pribadi, Anda tidak perlu khawatir menemukan cara lain untuk dibedakan.
Jangan khawatir, karena ini adalah sesuatu yang datang bersamaan dengan waktu dan pengalaman. Jika Anda masih menunggu saat yang menentukan ini, inilah latihan sederhana yang bisa Anda coba.
Alih-alih menulis dengan keseluruhan auditorium, berpura-pura Anda menulis surat kepada satu orang yang Anda kenal. Dengan begitu, Anda bisa memotong semua kepura-puraan dan suara seperti siapa Anda sebenarnya, dan bukan siapa Anda inginkan.
27. Sertakan gambar di setiap bagian konten
Tidak semua gambar bernilai seribu kata, tapi yang benar bisa menambahkan beberapa nilai pada konten. Gambar mengkodekan konsep ke memori kita dengan cara yang teks tidak akan pernah ada.
Itulah sebabnya daya tarik besar mereka dikenal sebagai "efek superioritas gambar." Dalam istilah yang paling sederhana, ini berarti bahwa jenis konten ini lebih menarik perhatian dan menarik daripada kata-kata tertulis.
Itu tidak berarti Anda harus membuat posting Anda penuh dengan grafis. Anda harus menggunakan gambar beserta teks saat menjelaskan konsep rumit dan prosedur yang panjang.
Gunakan mereka agar pembaca bisa jeda dari blok teks yang panjang. Aturan praktis di sini adalah menambahkan satu gambar untuk setiap 350 kata.
28. Sertakan data dalam konten Anda
Jenis konten berbasis data yang didasarkan pada fakta dan bukan asumsi didukung oleh angka dan penelitian. Ini akan membantu Anda untuk berdiri sebagai kredibel dan dapat dipercaya.
Menurut definisi, data adalah informasi faktual yang dihasilkan dari eksperimen, survei atau pengujian dan digunakan sebagai dasar untuk membuat kesimpulan.
Lagi pula, Anda tidak bisa selalu menghasilkan posting berkualitas tinggi semua sendiri. Topik penelitian adalah langkah awal untuk menulis kreatif. Mengapa tidak memasukkan beberapa fakta yang Anda temukan sebagai contoh ilustratif?
Sumber Anda bisa berupa eksperimen dan studi ilmiah hingga majalah populer dan blog orang lain. Selalu mengutip sumber yang Anda gunakan. Jika tidak, orang mungkin menuduh Anda sebagai blogger copy paste.
29. Melakukan penelitian kata kunci
Kata kunci yang Anda gunakan membantu orang untuk menemukan konten Anda melalui mesin pencari.
Pikirkan kata kunci apa yang akan Anda gunakan saat membutuhkan informasi. Jika Anda ingin saran bagaimana menjadi blogger yang sukses, Anda membuka Google dan mengetikkan frasa yang tepat ini.
Proses ini tidak berbeda jauh dari satu orang ke orang lain, dan juga tidak melakukan kata kunci umum.
Mulailah dengan topik Anda dan brainstorming beberapa kata dan frasa yang kemungkinan besar akan digunakan orang saat melakukan pencarian.
Lalu, lakukan penelitian kata kunci dengan istilah yang sama. Lihatlah pencarian terkait Google, saran yang muncul di bagian bawah halaman hasil.
Juga, gunakan Google AdWords atau alat penelitian kata kunci lainnya untuk menentukan volume pencarian istilah tersebut. Buat daftar kata-kata dan sisipkan pada yang menyentuh sasaran.
30. Buat konten video jika video adalah milik Anda
Apa yang terjadi untuk audio, berlaku untuk konten video juga. Konten video bergantung pada teks atau naskah juga.
Anda bisa memfilmkan diri Anda menyajikan topik, merekam audio dan melakukan sulih suara, atau membuat video senyap. Masing-masing pilihan ini memiliki fasilitas tersendiri. Pilihan Anda harus bergantung pada topik yang ada dan pemirsa yang akan Anda hadapi.
Video online dianggap sebagai masa depan pemasaran konten, dan untuk alasan yang bagus. Lihatlah YouTube! Semua orang sibuk, jutaan orang lebih suka menonton video pendidikan singkat lalu melalui teks yang tak ada habisnya. Tambah, biaya produksi sekarang lebih rendah, dan teknologi mudah digunakan.
31. Dapatkan gagasan dari audiens Anda
Bagaimana? Lacak mereka, analisis apa yang mereka lakukan dan dengarkan apa yang mereka katakan.
Tidak ada yang bisa membuat posting Anda lebih baik dari pada audiens Anda karena mereka adalah blog yang feed blognya.
Pergilah menyamar, jika Anda ingin mengesankan mereka dengan memberi mereka apa yang mereka inginkan.
Cari tahu apa yang mereka teliti, klik, baca, sharing, dan beli. Temukan tempat online tempat mereka berkumpul, dengarkan percakapan mereka, dan buat ide dari sana.
Meminta adalah cara lain untuk pergi. Buat polling dan survei untuk pembaca Anda yang ada, dan Anda akan terkejut dengan berapa banyak dari mereka yang akan meresponsnya.
Pengunjung blog baru tidak memiliki masalah dengan meninggalkan umpan balik. Orang ingin berbagi pendapat mereka, jadi mengapa tidak menggunakannya sebagai peluang untuk memperbaiki diri?
Tips Desain Blog
Sekarang setelah Anda membuat fotonya cukup cantik, sekarang saatnya belajar membuat bingkai.
Desain situs web yang buruk dapat membahayakan konten bintang sama seperti sebaliknya, namun desain yang luar biasa dapat membuat perbedaan besar. Ini adalah sisi teknis dari blogging yang seharusnya tidak Anda abaikan.
Teruslah membaca tips blogging untuk memilih platform, rancang sebagai ahli, dan banyak lagi.
32. Pahami apa itu CMS
Sistem manajemen konten, atau CMS singkatnya, adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengelola konten digital.
Apakah perlu dan dapatkah itu membantu? Ya, terutama untuk pemula! Sebenarnya, CMS dibuat untuk pengguna non-teknis untuk menyimpan, mengatur dan mempublikasikan konten mereka dengan mudah.
Itu membuat nyaman bagi blogger yang belum berpengalaman, tapi bercita-cita tinggi seperti Anda sendiri.
CMS bisa sangat membantu dengan memberikan konten. Selain itu, pemula dapat menggunakannya untuk mengelola alur kerja mereka, sehingga tetap berada di atas jadwal penulisan dan penerbitan mereka.
33. Gunakan WordPress.org sebagai platform blogging Anda
Yang ini penting, jadi mari kita ulangi sekali lagi. Sementara WordPress.com hadir secara gratis atau Anda bisa menjadi premium jika Anda suka.
WordPress.org digunakan oleh sebagian besar blogger papan atas dan cara yang lebih baik dalam jangka panjang.
Jika Anda berencana untuk berkarir dalam blogging, Anda memerlukan platform yang membuat Anda terlihat profesional dan memberi Anda kesempatan untuk memonetisasi lalu lintas Anda. Kedua hal ini tersedia untuk Anda di WordPress.org.
34. Pelajari tentang CMS yang dihosting sendiri
Platform yang di-host sendiri memungkinkan Anda menjalankan blog di domain Anda. Selain mengikuti peraturan registrar domain dan web hosting perusahaan Anda, Anda bertanggung jawab atas blog dan isinya.
Anda memiliki beberapa pilihan ketika datang ke sistem blog self-host (juga disebut Content Management System atau CMS).
Disebutkan di atas WordPress.org adalah sistem pengelolaan konten self-hosted terbaik. Itu direkomendasikan oleh 90 persen pakar blogging yang telah beberapa orang survey.
Penyiapan blog disebut self-hosted karena Anda akan menggunakan ruang web hosting dan nama untuk blog Anda.
Penyiapan ini akan menelan biaya $ 4 sampai $ 8 per bulan untuk akun web hosting, bergantung pada perusahaan yang Anda pilih, dan $ 12 sampai $ 15 per tahun untuk nama domain. CMS yang sebenarnya biasanya open-source dan gratis.
35. Pilihlah penyedia web hosting yang andal
Sebuah perusahaan web hosting memberi Anda ruang pada server untuk menyimpan file blog Anda. Ini seperti file komputer Anda di rumah, kecuali file blog Anda yang selalu tersedia secara online.
Pengunjung dapat mengaksesnya setiap saat, dengan memasukkan nama domain Anda atau dengan menemukan blog Anda di mesin pencari.
Host web yang salah dapat menyebabkan banyak masalah dengan blog Anda. Bayangkan memilih perusahaan mobile yang tidak memiliki penerimaan. Host web Anda adalah bagian utama dari teka-teki untuk mempertahankan blog yang sukses. Dengan demikian, penting sekali Anda memilih penyedia yang andal.
Penyedia web hosting yang baik menawarkan hal-hal seperti dukungan telepon dan chat 24/7, kehandalan, dan reputasi.
Penyedia hosting yang baik menawarkan fitur tambahan seperti dukungan database, backup, dan email gratis. Sebagian besar perusahaan hosting menawarkan fitur serupa, dan sebagai blogger awal, Anda tidak perlu membahas secara teknis untuk menggunakannya.
Berikut adalah daftar periksa 10 poin untuk pemilihan host web yang lebih baik:
- Periksa reputasinya
- Apakah mereka menawarkan dukungan yang baik
- Server uptime
- Jaminan uang kembali
- Periksa semua fitur
- Jumlah akun email yang bisa Anda atur
- Harga untuk layanan
- Apakah mereka menyediakan backup
- Skalabilitas / ruang untuk tumbuh
- Keamanan
36. Temukan tema WordPress yang tepat
Hal pertama yang kebutuhan front up blog Anda adalah wajah (desain dan tata letak). Anda ingin menciptakan lingkungan yang eye-catching dan praktis.
Mulailah pencarian Anda untuk sebuah tema segera setelah Anda menginstal platform WordPress. Tampilan dan nuansa blog Anda bergantung pada tema yang Anda pilih.
Pembaca Anda akan melihat tampilan blog terlebih dahulu, bahkan sebelum melihat-lihat kontennya. Pilih tema yang terlihat bagus, tapi juga berfungsi untuk kebutuhan konten unik Anda. Tema default yang disertakan dengan blog WordPress adalah tema starter yang baik, namun Anda perlu memilih tema yang berbeda.
Berikut adalah daftar periksa singkat untuk memilih tema Anda dengan mencari di dalam dasbor blog:
Baca deskripsinya
Sebagian besar tema hadir dengan deskripsi singkat tentang fitur dan fungsionalitas. Dengan membacanya, sebaiknya Anda memiliki gambaran kasar jika item tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.
Pratinjau tema
Preview tema untuk mendapatkan rasa tampilan dan tata letak.
Periksa peringkat
Tema favorit akan memiliki peringkat bintang yang terlihat di bawah deskripsi. Mereka harus memberi gambaran yang jelas seberapa bagusnya.
Periksa responsif
Bertujuan untuk desain responsif yang akan bekerja pada browser desktop dan perangkat mobile.
37. Instal semua plugin yang diperlukan
Plugin, potongan kode yang dibundel yang mempengaruhi tampilan dan nuansa blog anda. Mereka dapat menambahkan fungsi baru ke blog Anda, memperluas kemampuan tema Anda, dan menyesuaikan blog Anda secara keseluruhan atau sebagian.
Sementara sebagian besar plugin gratis, ada banyak plugin premium. Untuk menghemat waktu, kami telah memilih beberapa plugin penting untuk kebutuhan blogging instan Anda.
Daftar plugin yang direkomendasikan untuk blogger baru:
- Google Analytics - pilihan utama saat memantau lalu lintas situs web Anda.
- Contact Form 7 - formulir kontak dengan pilihan email yang fleksibel.
- Disqus Commenting System - sistem komentar dengan kemampuan canggih.
- Yoast SEO - plugin SEO lengkap untuk blog anda. Yang terbaik di luar sana secara gratis.
- WP Super Cache - membantu dengan waktu buka blog WordPress Anda.
- Widget Penulis - cara terbaik untuk menampilkan banyak penulis dan aktivitas mereka di tempat.
38. Jadikan blog Anda mobile friendly
Mengapa? Karena sejumlah besar pembaca modern lebih suka mengkonsumsi konten saat dalam perjalanan. Apalagi, Google telah menjadikan situs mobile sebagai faktor peringkat mesin resmi.
Dan karena itulah yang dilakukan semua profesional yang berorientasi pada audiens. Di era digital, responsivitas ponsel adalah masalah tetap relevan.
Anda dapat membaca panduan ini dan belajar bagaimana membuat situs web Anda ramah terhadap ponsel.
39. Pastikan situs Anda cepat dimuat
Sekali lagi, tidak ada yang sabar menunggu situs web memuat 30 detik. Jika blog Anda terlalu lambat, ada kemungkinan besar pembaca Anda akan merasa frustrasi dan pergi. Kecepatan pemuatan mempengaruhi pengalaman pengguna dan rangking mesin pencari.
Pastikan untuk membuat gambar blog Anda dalam resolusi yang lebih kecil. Kurangi script eksternal, optimalkan file JS dan CSS.
Jika diperlukan, beralihlah ke rencana hosting yang lebih baik atau gunakan jaringan pengiriman konten.
40. Gunakan Google Analytics
Analisis digital mengukur kinerja online Anda, memberi Anda wawasan yang sangat dibutuhkan mengenai apa yang dapat Anda tingkatkan.
Selain gratis, alat Google Analytics mengumpulkan data dari situs web Anda dan mengubahnya menjadi laporan yang dapat ditindaklanjuti.
Anda dapat melacak pengunjung dan memahami perilaku mereka. Itu akan memungkinkan Anda membuat keputusan pemasaran terbaik.
41. Pastikan Anda menggunakan alamat email khusus
Kita akan berbicara lebih banyak tentang potensi pemasaran email yang sangat besar nanti, tapi untuk saat ini, mari kita sebutkan bahwa menggunakan alamat email khusus adalah suatu keharusan. Dalam dunia kewiraswastaan digital, alamat email sama dengan kartu nama.
Alamat email yang diakhiri dengan eletits nama domain Anda akan mendapatkan respons yang sama sekali berbeda.
Bandingkan dengan email pribadi yang diakhiri dengan Gmail. Inilah perbedaan antara profesionalisme dan amateurisme.
Tips pemasaran dan promosi
Anda yakin blog Anda sangat menyenangkan untuk dibaca dan sangat baik bagi pengunjung, tapi tidak ada yang senang? Setiap blog membutuhkan dorongan pemasaran yang solid.Ini terutama berlaku di lingkungan online yang kompetitif. Promosi bisa membuat Anda jauh bersaing untuk mendapatkan perhatian orang, sehingga membuat mereka cerdas dan persuasif.
Inilah cara untuk menarik, melibatkan dan mengonversi kapan saja, dimana saja.
42. Datang dengan rencana pemasaran
Jangan menganggapnya sebagai pengikat besar dengan angka dan statistik yang tak ada habisnya. Strategi pemasaran perusahaan besar seringkali melelahkan. Anda harus melayani tujuan yang sangat mudah, untuk membantu Anda menentukan dan mencapai tujuan Anda. Inilah yang harus Anda pikirkan sekarang.
Definisi produk
Anda tidak punya apa-apa untuk dijual tapi konten dan pengalaman pengguna blog Anda. Kedua elemen ini menentukan produk Anda. Pikirkan bagaimana membantu pembaca menjalani hidup dengan lebih baik atau lebih mudah.
Definisi pasar
Penelitian niche Anda untuk menetapkan apa yang membuat Anda berbeda dari orang lain. Inilah satu-satunya cara untuk menentukan nilai jual unik Anda. Itu adalah faktor penting untuk mengalahkan kompetisi dan meningkatkan ke puncak.
Analisis pesaing
Ini akan membantu Anda untuk melihat bagaimana pesaing sukses Anda mendapatkan dan mempertahankan pembacanya. Mereka pasti melakukan sesuatu dengan benar, jadi jaga agar musuh Anda tetap dekat. Selain itu, analisis pesaing mungkin mengungkapkan beberapa celah yang belum terpenuhi oleh niche Anda.
Definisi pemirsa
Kami sudah berbicara tentang pembaca ideal, dan definisi pemirsa persis seperti itu. Pahami siapa mereka, apa yang mereka inginkan, dan dapatkan inspirasi. Dan Anda akan bisa memenuhi harapan mereka terhadap kesenangan Anda berdua.
Definisi merek
Titik pembeda tidak lain adalah nilai unik yang menjanjikan blog Anda kepada pembaca. Ini adalah bagian integral dari merek Anda, sesuatu yang kepribadian, suara, gambar dan pesan Anda perlu cerminkan. Definisi merek Anda adalah siapa Anda sebagai blogger dan pengusaha.
Strategi harga
Apakah Anda menawarkan produk Anda secara gratis, mengenakan biaya untuk konten Anda, atau memilih kombinasi keduanya? Banyak blogger menyediakan artikel tanpa biaya tapi mengenakan biaya untuk konten premium seperti eBook.
Strategi penjualan
Bahkan jika Anda tidak mengenakan biaya untuk keanggotaan, Anda harus memiliki rencana penjualan. Itulah yang menggambarkan proses konversi. Dimulai dengan generasi memimpin, strategi yang Anda gunakan untuk mendapatkan pembaca baru. Berakhir dengan retensi, strategi yang Anda gunakan untuk mempertahankannya.
Rencana anggaran Biaya
Jika cerdik, kampanye iklan bisa menghasilkan prospek baru tanpa hunian satu dolar pun. Tapi, Anda harus mengasumsikan bahwa jangkauan organik Anda tidak akan besar pada awalnya. Dengan demikian, Anda harus mengalokasikan beberapa anggaran pemasaran dan promo.
41. Buat strategi media sosial
Jika Anda memilih untuk berfokus pada media sosial (dan Anda harus melakukannya), Anda perlu mengembangkan sebuah rencana dan menyelaraskannya dengan strategi pemasaran Anda yang lebih luas. Jaga agar tujuan tersebut diingat saat membuatnya:
Pilih jaringan yang tepat
Karena tidak ada jaringan yang sama, Anda harus menemukan yang selaras dengan niche dan merek Anda. Buat pilihan antara Instagram atau Pinterest untuk pemirsa yang berorientasi pada gambar.
Snapchat untuk menargetkan orang yang lebih muda. YouTube untuk konten video Twitter untuk pembaca yang suka tetap up-to-date dengan apa yang terjadi di seluruh dunia. Dan Facebook untuk penargetan berbagai pengguna.
Buat kalender posting
Apa yang terjadi untuk penerbitan di blog berlaku untuk berbagi sosial juga. Pastikan Anda konsisten. Berinteraksi dengan pengikut Anda setiap hari. Pilih waktu yang pasti memberi Anda rasio klik-tayang tertinggi.
Gunakan alat pengelolaan media sosial
Untuk menghemat waktu dan tetap fokus pada penulisan, pertimbangkan untuk memanfaatkan alat pengelolaan media sosial. Mereka memungkinkan Anda menangani semua akun Anda dari platform terpusat, menjadwalkan posting otomatis dan mempublikasikan ke banyak jaringan sekaligus.
42. Buat konten Anda mudah untuk dibagikan
Anda tidak harus berusaha keras membuat orang berbagi konten Anda. Selama mereka menemukannya secara informasi, pembaca tidak akan memiliki masalah mengklik tombol share. Menurut definisi, konten berkualitas tinggi bisa dibagikan, namun ada trik yang bisa Anda gunakan untuk membuatnya lebih dari itu.
Sertakan tombol sharing sosial di setiap halaman blog Anda. Dengan begitu pembaca bisa berbagi posting dalam satu klik dan tanpa harus berpindah antar tab.
Simpan di situs Anda selama Anda bisa. Kemampuan berbagi tergantung pada seberapa bagus judul postingnya, dan apakah Anda memiliki gambar yang mudah diingat.
Jika sebagian besar audiens Anda berada di Twitter, sorot pernyataan yang mudah dibagikan di pos Anda.
Dan gunakan ClickToTweet untuk memungkinkan pembaca meneruskannya kepada pengikut mereka. Sarankan hashtag juga, dan posting Anda akan siap pakai untuk dibagikan.
43. Mulai buat daftar email Anda dari hari pertama
Bersama dengan kampanye media sosial, pemasaran email adalah teknik promosi yang paling efisien. Mulai buat daftar kontak Anda dari hari pertama, dan Anda akan melihat bagaimana pembayarannya.
Email dan sosial adalah kombinasi yang brilian karena Anda dapat menautkan akun Anda ke halaman arahan dengan formulir berlangganan. Facebook Business Pages menyertakan tombol sign up yang mudah digunakan. Ia bekerja sebagai ajakan bertindak langsung untuk semua orang yang tertarik untuk membaca tulisan Anda.
44. Sertakan langganan email ke blog Anda
Jika Anda memilih untuk menumbuhkan daftar email tanpa blog, Anda perlu memakainya dengan formulir berlangganan. Selalu baik untuk menawarkan beberapa insentif.
Pertimbangkan untuk menulis konten premium, seperti panduan komprehensif, kertas putih, dan eBook. Dan mintalah pembaca untuk memberikan alamat email mereka untuk mendownloadnya.
45. Sertakan link ke blog Anda di semua jejaring sosial
Tentu saja, semua ini tidak akan ada gunanya jika Anda tidak memasukkan link ke blog Anda di setiap jaringan yang Anda gunakan untuk pemasaran.
Tujuan akhirnya adalah membujuk pengikut media sosial Anda untuk membaca blog Anda, jadi pastikan untuk mempermudah mereka untuk kembali.
46. Berkomunikasi dengan pembaca Anda yang ada
Selalu berinteraksi dengan pembaca Anda dan dorong mereka untuk mendiskusikan topik. Jadilah kepribadian dan mudah didekati saat melakukannya.Dan Anda akan membangun komunitas yang menyenangkan sehingga mereka ingin menjadi bagiannya. Tak perlu dikatakan bahwa Anda memerlukan bagian komentar pada setiap artikel yang Anda posting.
47. Jangan lupa membalas semua komentar
Jangan pernah lupa untuk menanggapi komentar yang ditinggalkan pembaca Anda, bukan satu pun dari mereka. Dengan menjawab pertanyaan dan bergabung dalam diskusi, Anda menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu dan menghargai pendapat mereka.Setiap tanggapan adalah catatan kecil "terima kasih atas perhatiannya", cara yang sopan dan profesional, namun manusiawi mengatakan "Saya menghargai dukungan Anda."
48. Jaringan dengan blogger lain dari niche Anda
Hal yang sama berlaku untuk berinteraksi dengan blogger lain dari niche Anda. Mintalah mereka untuk menulis untuk blog Anda, ambil bagian dalam podcast Anda, atau buat cameo di salah satu video Anda.Menyatukan pengetahuan dan gagasan Anda akan menambah nilai pada posting Anda, sehingga mendapatkan popularitas dan lalu lintas. Tentu, Anda bisa melakukannya sendiri, tapi kekuatan bergabung jauh lebih mudah.
49. Jangan takut untuk meminta link
Inbound link bukan satu-satunya sinyal peringkat untuk sebuah blog, tapi itu adalah blog yang besar. Anda tidak harus menyumbangkan tulisan Anda untuk mendapatkan link dari situs blogging lainnya.Jika Anda memiliki konten berkualitas tinggi yang Anda banggakan dan itu relevan dengan konten di blog lain, Anda dapat mengirim mereka sebuah email, perkenalkan diri Anda, undang mereka untuk meninjau konten Anda.
Dan mintalah untuk menautkannya di pos mereka jika mereka merasa berguna dan layak untuk pembaca mereka.
50. Cobalah untuk memberikan beberapa barang secara gratis
Jika Anda memilih untuk membuat semuanya tentang konten premium, itu tidak akan berhasil. Berikan beberapa konten premium Anda secara gratis. Jika ada e-book yang ingin Anda jual, misalnya, promosikan dengan membagikan bab pertama secara gratis.Dengan cara itu, para pembaca akan memiliki sesuatu untuk dihubungkan. Sampel gratis yang akan meyakinkan mereka bahwa pembelian sisanya akan terbayar.
51. Bekerja untuk meningkatkan lalu lintas ke blog Anda
Anda selalu dapat membayar iklan, tapi bersikap strategis dengan konten Anda dan mempromosikannya dengan cerdas harus membuka kemungkinan yang sama secara organik.Kami akan mengulangi, membuat konten berkualitas dan dipromosikan melalui saluran yang tersedia. Beri nilai kepada orang dan tunjukkan mengapa mereka perlu mengunjungi blog Anda.
Ini semua tentang menepati janji yang Anda buat dan membuktikannya sebagai hal berharga bagi setiap pengunjung baru yang Anda tinggalkan.
Tahap Terkahir Monetisasi
Anda mungkin seorang pemikir tanpa tujuan lain selain berbagi pemikiran dengan dunia. Tapi, mengapa tidak mendapatkan uang tunai saat melakukannya? Blogging menawarkan banyak kesempatan untuk mencari nafkah dari hasrat Anda.
Mengetahui semua cara Anda bisa menguangkan blog Anda tidak akan merugikan tujuan Anda. Ini mungkin, pada kenyataannya, membuat Anda semakin terdorong.
Baca di bawah apa yang telah kami pelajari dari mereka yang telah membuat blogging sebagai gairah dan sumber pendapatan mereka.
52. Pelajari semua cara monetisasi
Ada ratusan cara untuk membuat karir yang menguntungkan dari blogging. Setelah Anda menempatkan diri di radar penonton, ini adalah pertanyaan tentang waktu ketika pemain besar akan mendekati Anda.
Blogger dengan basis pembaca yang besar sering kali direkrut untuk pemasaran afiliasi.
Kita akan berbicara lebih banyak tentang hal itu di tips blogging kita selanjutnya. Jika ini terasa seperti penjualan, Anda selalu dapat mulai mengisi daya untuk konten, produk, dan layanan Anda.
53. Gunakan pemasaran afiliasi
Sebagai pemasar afiliasi, Anda dapat menjual mengarah ke bisnis yang menawarkan produk dan layanan di dalam niche Anda.
Atau, dapatkan potongan biaya yang akan dibagikan pembaca Anda kepada perusahaan sebagai imbalan atas barang mereka.
Ini mungkin tampak seperti uang mudah, tapi Anda harus tetap menghormati pembaca Anda sambil memonetisasi apa yang Anda lakukan.
Jangan membombardir mereka dengan iklan, namun jaga agar promosi ini berkelas dan halus.
Tak perlu dikatakan lagi, bahwa apa yang Anda iklankan perlu relevan dengan minat dan persyaratan pembaca.
54. Promosikan hanya produk terbaik
Jangan pernah mempromosikan sesuatu yang belum Anda uji sendiri. Rekomendasi yang buruk mungkin akan merugikan integritas Anda, dan itu sangat berarti. Beriklanlah hanya produk yang telah Anda gunakan dan temukan layak untuk dicoba dan sertakan penafian.
55. Cobalah untuk mendapatkan penempatan iklan
Bagi banyak blogger sukses di luar sana, Google AdSense adalah kereta graviter yang tak terbendung.
Ini adalah jaringan periklanan yang membantu Anda menghasilkan uang dengan menampilkan iklan orang lain di situs Anda.
Anda akan menerima jumlah dolar yang ditetapkan untuk tampilan halaman yang Anda dapatkan jika memilih untuk menerima pembayaran "berdasarkan tayangan." Cara lain adalah menghasilkan per klik.
Anda dapat memotong pendapatan setiap kali salah satu pembaca mengeklik iklan.
56. Jangan terburu-buru menjual blog anda
Ada kemungkinan Anda ingin menjual blog Anda segera setelah mulai mendapatkan momentum, tapi anggap lambat.
Dalam satu atau dua tahun, nama Anda mungkin dikenali sebagai berpengaruh. Jika Anda berkomitmen dan rajin, tidak ada batas seberapa tinggi Anda bisa memanjat.
Kemudian, dan baru kemudian, waktu dan usaha yang Anda lakukan akan bernilai jual.