Jawabannya adalah melalui e - commerce SEO.
Dalam posting ini, Anda akan belajar apa itu e-commerce SEO, apa bedanya dengan SEO 'normal', mengapa Anda harus berinvestasi di e-commerce SEO dan bagaimana mendekati optimasi mesin pencari untuk sebuah toko online.
Apa itu e-commerce SEO?
E-commerce SEO adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses optimasi mesin pencari untuk toko online.
Dengan kata sederhana, ini adalah seperangkat aturan untuk diterapkan ke situs e-niaga sehingga mesin pencari ramah.
Apakah e-commerce SEO berbeda dari SEO?
Pertanyaan yang jelas adalah, apa perbedaan antara e-commerce SEO dan SEO secara umum?
Apakah hal yang sama dengan nama yang berbeda?
Tidak terlalu.
E-commerce SEO mencakup semua konsep SEO dengan penambahan beberapa panduan yang spesifik untuk toko online yang mungkin tidak berlaku untuk jenis situs web lainnya.
Misalnya, untuk situs web non-niaga, halaman kategori SEO mungkin tidak begitu penting, tapi untuk situs e-commerce mereka penting dan perlu mendapat perhatian khusus.
Perbedaan lainnya adalah blogging. Sebuah blog yang aktif memiliki peran yang berbeda untuk dimainkan saat melakukan SEO untuk situs e-commerce dan saat melakukan SEO untuk situs web non-e-niaga.
Untuk menghindari kebingungan, apapun yang anda baca tentang SEO di Tutorial SEO atau Panduan SEO saya , berlaku juga untuk toko online. Shop SEO sudah melebihi dan di atas normal SEO.
Manfaat e-commerce SEO untuk toko online
Apa manfaat SEO untuk situs e-commerce? Mengapa pemilik toko online harus berinvestasi di SEO?Untuk Mesin Pencari
Situs e-niaga sebenarnya adalah bisnis online. Ini bukan hobi atau situs web yang dibuat untuk bersenang-senang, tapi ini adalah bisnis yang perlu menghasilkan penjualan, keuntungan dan tumbuh seiring berjalannya waktu.
Mesin telusur merespons jutaan kueri per hari dan banyak di antaranya berkaitan dengan e-niaga.
Selain pergi langsung ke ebay atau amazon, ribuan orang per hari menggunakan mesin pencari, dan di Google mayoritas mereka, untuk mencari produk untuk dibeli.
E-commerce SEO akan membantu Anda mendapatkan eksposur di search engine dan mendapatkan bagian lalu lintas yang adil.
Dapatkan rangking tinggi untuk kata kunci yang penting
Mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari adalah langkah pertama tapi tidak cukup.Yang Anda butuhkan adalah lalu lintas yang ditargetkan .
Lalu lintas organik yang ditargetkan berasal dari pengguna yang tahu persis apa yang mereka inginkan.
Pengguna ini memiliki maksud yang jelas dan mereka menyatakan niat ini saat mereka mengetikkan kueri di kotak telusur.
Misalnya, ketika pengguna mengetik "beli kamera video tahan air hd" di kotak telusur, ini memiliki maksud yang jelas dan jika Anda memiliki situs e-niaga yang menjual kamera video, ini adalah jenis pengguna yang kemungkinan besar akan dikonversi.
Melalui E-commerce SEO Anda akan dapat mengidentifikasi dan mengoptimalkan kata kunci long tail yang bisa memberi Anda peringkat lebih tinggi dan membuat perbedaan pada bisnis Anda.
SEO Ini satu-satunya cara untuk menciptakan bisnis online yang tahan lama
Jika Anda sudah memiliki toko online, Anda harus tahu bahwa ada beberapa cara untuk mendapatkan lalu lintas instan ke situs web Anda.Google Adwords adalah salah satu cara yang paling populer dan efisien untuk mendapatkan lalu lintas dengan cepat, diikuti oleh Facebook dan jejaring sosial lainnya (tergantung pada niche Anda).
Masalah dengan metode ini adalah begitu Anda berhenti membayar iklan, lalu lintas dan penjualan akan turun.
Itu tidak terjadi dengan SEO.
Kampanye SEO yang dirancang dengan baik akan membawa lalu lintas ke situs Anda 24X7 selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun yang akan datang.
Butuh waktu bagi SEO untuk bekerja namun hasilnya tahan lama, menciptakan ROI yang lebih tinggi dalam jangka panjang, dibandingkan dengan teknik pemasaran lainnya.
Jadi, jika Anda ingin membuat bisnis yang akan menghasilkan traffic sendiri tanpa hanya mengandalkan iklan berbayar, SEO adalah cara untuk pergi.
SEO akan membantu Anda membangun sebuah website yang user-friendly
Banyak konsep SEO terkait dengan kegunaan dan bagaimana Anda bisa membuat situs web yang ramah bagi mesin telusur maupun pengguna.Bila Anda memutuskan untuk menerapkan prinsip SEO atau menyewa konsultan SEO untuk membantu mengoptimalkan situs web Anda, hasil akhirnya adalah situs web yang lebih mudah digunakan dan berperingkat lebih tinggi di hasil penelusuran.
SEO akan membantu Anda meningkatkan rasio konversi Anda
Selain membantu mendapatkan jenis lalu lintas yang tepat, SEO dapat memberi panduan tentang cara meningkatkan rasio konversi Anda yaitu penjualan.Optimalisasi konversi adalah proses yang membutuhkan waktu dan membutuhkan banyak pengujian namun didorong oleh prinsip SEO.
Bagaimana cara mendekati SEO untuk situs e-commerce?
Cara terbaik untuk mengoptimalkan toko online adalah mengikuti pendekatan terstruktur. Ini berarti Anda perlu memiliki rencana yang akan mencakup semua aspek SEO.Agar lebih spesifik, berikut adalah daftar semua hal yang perlu Anda periksa dan optimalkan:
Langkah 1: Tinjau Teknis SEO
Teknis SEO selalu menjadi langkah awal saat melakukan review website atau melakukan SEO Audit .
SEO teknis akan memastikan bahwa mesin pencari dapat merangkak dan mengindeks toko Anda tanpa masalah.
Tugas terpenting yang berkaitan dengan teknis SEO adalah:
- Optimasi Setelan Google Search Console
- Pengoptimalan XML Sitemap
- Setelan yang benar untuk robots.txt
- URL ramah SEO dan struktur permalink yang tepat
- Optimalisasi kecepatan halaman
Langkah 2: Lakukan Riset Kata Kunci
Setelah Anda mendapatkan teknis SEO yang benar, langkah selanjutnya adalah penelitian kata kunci.Penelitian kata kunci penting untuk semua jenis situs web namun lebih penting lagi untuk situs web e-niaga.
Seperti yang dijelaskan beberapa pakar SEO: Bagaimana melakukan penelitian kata kunci untuk situs e-commerce , hasil dari penelitian kata kunci akan menentukan struktur toko Anda dan memberi Anda cukup data untuk mengoptimalkan halaman home, halaman kategori dan halaman produk Anda.
Langkah 3: Optimalkan struktur toko Anda
Situs web e-niaga perlu memiliki struktur yang optimal. Ini harus sangat mudah digunakan, sederhana dan ramah SEO.Jika struktur Anda tidak dioptimalkan, Anda tidak akan melakukan penjualan. Sesederhana itu
Apa struktur terbaik untuk toko Anda? Selain mengikuti beberapa panduan standar (seperti memiliki struktur hirarkis), penelitian kata kunci akan memandu Anda tentang bagaimana menyusun toko Anda.
Jika Anda sudah memiliki toko dan berjalan, Anda mendapatkan lalu lintas namun Anda tidak melakukan penjualan, sebaiknya meninjau dan mengoptimalkan struktur situs Anda berdasarkan hasil penelitian kata kunci.
Langkah 4: Homepage SEO
Mengoptimalkan halaman rumah toko Anda berbeda dengan mengoptimalkan homepage blog Anda.Homepage dari situs e-commerce memiliki banyak peran untuk dimainkan. Ini harus menjadi halaman arahan yang sangat mengubah tapi pada saat bersamaan harus memberikan informasi dan sambutan kepada pengguna.
Langkah 5: Optimalkan halaman kategori Anda
Adalah hal yang biasa bagi situs e-commerce untuk memiliki banyak halaman kategori. Untuk sebagian besar halaman kategori situs web tidak menggunakan tujuan SEO tapi tidak demikian halnya dengan toko online.Halaman kategori sangat penting untuk tujuan navigasi dan sangat berharga untuk tujuan SEO.
Langkah 6: Optimalisasi Halaman Produk
Halaman produk adalah halaman terpenting untuk situs e-commerce dan harus dioptimalkan untuk mesin pencari dan pengguna.Optimalisasi halaman produk bisa jadi rumit, terutama jika Anda menjual produk yang juga tersedia di situs-situs lain di Internet.
Gagal ke SEO mengoptimalkan halaman produk Anda, akan mengakibatkan lalu lintas rendah dan lebih mengandalkan metode lain (selain SEO), untuk mengarahkan lalu lintas ke toko Anda.
Langkah 7: Pengoptimalan PAGE dan Checkout PAGE
Saya sebutkan di atas bahwa e-commerce SEO akan membantu Anda membuat situs konversi yang lebih baik dan untuk melakukannya, Anda perlu mengoptimalkan halaman keranjang dan checkout Anda.Hal ini sangat umum untuk berbagai jenis toko untuk membawa pengguna ke halaman keranjang dan checkout namun hanya sebagian kecil dari mereka untuk benar-benar berkonversi.
Pengoptimalan halaman keranjang dan checkout tidak sulit, begitu Anda bisa melakukannya dengan benar sekali, Anda bisa melupakannya dan berkonsentrasi pada area lain di toko Anda yang perlu lebih banyak perhatian.
Langkah 8: Pelaporan
Saat pertama kali mengoptimalkan toko online, Anda melakukannya berdasarkan standar dan praktik terbaik.
Anda mengerjakan teknik SEO Anda, melakukan penelitian kata kunci dan mengoptimalkan struktur dan halaman toko Anda.
Sejauh ini bagus.
Untuk memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya, Anda harus memiliki sistem pelaporan yang dikonfigurasi dengan benar.
Sistem pelaporan yang bagus selain pelacakan penjualan, juga melacak perilaku pengguna. Menganalisis perilaku pengguna bisa memberi Anda langkah selanjutnya untuk proses optimasi SEO Anda.
Langkah 9: Blogging
Situs web e-niaga perlu memiliki blog. Blogging untuk tujuan e-commerce tidak persis sama dengan blogging untuk lalu lintas umum.
Ada beberapa panduan yang harus diikuti sebelum memutuskan apa yang harus ditulis dan kata kunci mana yang akan ditargetkan di blog Anda.
Langkah 10: Membangun Link Untuk E-niaga
Setelah Anda memiliki situs web yang sangat berkonversi, Anda perlu mendapatkan lalu lintas dengan volume tinggi ke situs dan melakukan penjualan.
Teknik SEO , seperti yang dijelaskan di atas, akan membantu Anda memiliki situs yang optimal dengan rangking yang bagus.
Untuk mendapatkan halaman Anda ke posisi teratas, Anda memerlukan SEO off-page yang bagus dan membangun tautan adalah salah satu tugas SEO off-page yang perlu Anda kuasai.
Langkah 11: Pemasaran Toko Anda
Selain SEO, ada sejumlah metode lain yang walaupun tidak berhubungan langsung dengan SEO, secara tidak langsung mereka dapat mempengaruhi usaha SEO dan kesuksesan situs e-commerce Anda.
Hal-hal seperti pemasaran media sosial , pemasaran dan penargetan ulang Facebook , pemasaran email dapat berjalan dengan baik dengan SEO dan membantu Anda mencapai sasaran bisnis Anda.
Kesimpulan
E-commerce SEO adalah suatu keharusan dari semua toko. Toko yang dioptimalkan dengan baik akan lebih tinggi di search engine dan ini berarti lebih banyak lalu lintas dan penjualan.
Perbedaan antara SEO normal dan SEO toko adalah yang terakhir mencakup rekomendasi spesifik yang berlaku untuk situs web e-niaga.
Bahkan jika Anda membuat penjualan melalui AdWords atau platform PPC lainnya, menghabiskan sebagian anggaran bulanan Anda untuk SEO e-niaga, adalah investasi terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda.
Cara terbaik untuk mengoptimalkan toko Anda untuk mesin pencari, adalah mengikuti pendekatan terstruktur.
Saya telah menguraikan di atas langkah-langkah yang harus diambil agar Anda tidak melewatkan apapun yang penting.