Sebagai blogger atau pemasar konten, tujuan utama Anda adalah mengarahkan penonton ke jalur konversi. Meskipun konten yang bagus sangat penting untuk kesuksesan, Anda juga harus memperhatikan kapan, bagaimana, dan mengapa hal itu disampaikan.
Dengan kata lain, fokus pada pengalaman penuh pemirsa , termasuk setiap interaksi kecil yang dapat mempengaruhi keputusan akhir mereka mengenai apakah akan berkonversi atau tidak di blog Anda.
Di sinilah langkah otomasi pemasaran untuk memastikan semuanya berjalan seperti jarum jam.
Apa Itu Otomasi Pemasaran?
Seperti namanya, otomatisasi pemasaran menggunakan pesan otomatis untuk memperlancar perjalanan audiens Anda. Menurut statistik, ini 2 kali lebih efektif daripada perangkat lunak email ledakan dalam hal generasi dan komunikasi timah.
Tidak hanya menghemat waktu, ini juga mengurangi kesalahan manusia dan mencegah pemasar kehilangan kesempatan yang tepat waktu.
Statistik juga menunjukkan bahwa berkat teknologi modern hingga 45% kegiatan yang dilakukan oleh para profesional sekarang dapat diotomatisasi.
Ini sangat cocok untuk tim pemasaran konten kecil yang saat ini tidak mampu mempekerjakan anggota baru.
Tanpa basa-basi, berikut adalah strategi yang memungkinkan Anda memanfaatkan otomasi pemasaran hari ini.
Menggunakan Otomasi Email Untuk Mendistribusikan Konten
Email marketing telah melihat penggunaan otomasi yang paling banyak di antara semua area pemasaran digital, dan tidak sulit untuk melihat mengapa. Studi menunjukkan bahwa email otomatis mendapatkan tingkat terbuka 70,5% lebih tinggi dan rasio klik-tayang 152% lebih tinggi daripada email pemasaran biasa.
Selanjutnya, pesan otomatis 133% lebih relevan dengan siklus pembelian pelanggan dibandingkan dengan siaran email ledakan.
Ingat bahwa mempertahankan daftar email masih merupakan salah satu cara terbaik untuk mempromosikan konten baru ke audiens Anda.
Ini hanya masalah pengiriman email yang benar pada saat yang paling tepat. Misalnya, email pengabaian keranjang bisa meremas hingga 5,2% lebih banyak konversi dari penjualan yang hilang.
Peringatan otomatis atau pesan pemecahan masalah, di sisi lain, dapat sangat bermanfaat bagi pengguna yang baru saja menghubungi email dukungan pelanggan Anda.
Untuk memasukkan otomatisasi email dalam strategi Anda, Anda dapat memulai dengan platform seperti GetResponse.
Ini adalah nilai jual utama adalah fitur autoresponder, yang memungkinkan Anda membangun alur kerja otomatis dengan berbagai kondisi, tindakan, dan filter.
Mengotomatiskan Media Sosial Siaran
Terlepas dari daftar email, saluran distribusi lain yang efektif untuk konten Anda adalah jaringan media sosial. Menggabungkan aktivitas pemasaran media sosial Anda di platform seperti Buffer adalah langkah ke arah yang benar.
Melakukan hal itu akan memungkinkan Anda untuk menentukan jadwal posting yang sesuai dengan aktivitas media sosial audiens target Anda.
Tapi untuk mencapai otomasi sejati, Anda memerlukan bantuan platform otomasi mandiri seperti IFTTT.
IFTTT bekerja melalui applet yang menghubungkan berbagai layanan sebagai pemicu dan tindakan. Misalnya, jika Anda menggunakan blog WordPress, Anda bisa menggunakan applet yang secara otomatis menambahkan posting baru ke antrian Buffer Anda.
Setelah applet ini aktif, Anda tidak lagi harus menjadwalkan konten secara manual melalui Buffer. Anda hanya perlu fokus pada pembuatan, dan penerbitan konten di blog WordPress Anda.
Terakhir, IFTTT menyediakan beberapa kesempatan lain untuk menghemat waktu dengan otomasi. Anda hanya perlu mencampur dan mencocokkan layanan yang terlibat dalam alur kerja yang Anda inginkan.
Jika menyangkut distribusi konten melalui Buffer, layanan lain yang dapat Anda integrasikan meliputi Pocket, Evernote, Google Calendar, dan Google Drive.
Sampaikan Konten Paling Relevan Dengan Chatbots
Saat ini, Anda tidak lagi memerlukan perangkat lunak live chat premium untuk mengotomatisasi layanan pelanggan Anda.
Jika Anda memiliki kehadiran sosial di Facebook, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Messenger untuk membuat chatbots dengan biaya rendah.
Berikut adalah beberapa 3 alat yang dapat Anda gunakan untuk ini:
ChatFuel
Alat chatbot yang mudah digunakan dan mudah digunakan, ChatFuel memungkinkan Anda membuat pengalaman chat langsung yang diinfuskan dengan konten yang bermanfaat. Ini berarti Anda dapat menentukan konten tertentu untuk muncul setiap kali pengguna mengetikkan kata kunci atau frase tertentu.
Botify
Dengan Botify, Anda dapat secara manual merencanakan pengalaman obrolan langsung pemirsa dengan menggunakan antarmuka drag-and-drop. Ini menggunakan pembelajaran mesin sehingga chatbot Anda tumbuh lebih otonom seiring berjalannya waktu.
ChattyPeople
Jika Anda ingin memanfaatkan live chat untuk meningkatkan penjualan, maka ChattyPeople adalah alat untuk Anda. Ini memungkinkan Anda mengatur penawaran berbasis kata kunci dan dapat diklik serta mengintegrasikan sistem pembayaran seperti PayPal.
Menggunakan chatbots adalah cara yang bagus untuk mengotomatisasi pemecahan masalah dasar dan menjawab pertanyaan. Dengan pendekatan yang tepat, ini juga cara yang bagus untuk membantu pengguna media sosial menemukan konten Anda tanpa beralih ke SEO. Ingatlah bahwa mereka harus dianggap sebagai suplemen dan bukan pengganti pada usaha layanan pelanggan Anda.
Untungnya, alat di atas memungkinkan pengambilalihan manusia untuk mencegah pengalaman buruk yang disebabkan otomasi terlalu banyak.