Anda memberi banyak kerja keras untuk bergerak ke dalam SERPs dan akhirnya terbayar.
Tapi kemudian hal yang tak terduga terjadi . Penurunan pada peringkat.
Beberapa hal di SEO lebih mengecilkan hati daripada jatuhnya peringkat. Itu membuat Anda merasa semua yang Anda lakukan tidak ada gunanya.
Anda bertanya-tanya apa yang salah atau jika Anda membuat kesalahan. Anda mengalahkan diri sendiri karena tidak melakukannya dengan benar.
Anda kembali ke titik awal lagi, dan Anda harus memulai dari awal.
Atau kamu
Menurut pengalaman saya, itu tidak selalu terjadi.
Rangking saya telah turun lebih banyak dari yang bisa saya hitung. Awalnya, saya panik.
Ketika saya belajar lebih banyak, saya menemukan bahwa ini bukan akhir dari dunia jika Anda turun satu atau dua posisi. Ini jelas tidak ideal, tapi banyak yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya.
Itulah yang akan saya tunjukkan hari ini. Bahkan jika rangking Anda berada di tempat yang Anda inginkan, Anda perlu menyadari bagaimana cara mengembalikannya jika (atau saat) mereka drop.
Analisis Dropnya
Sebelum mengambil tindakan untuk menaikkan rangking Anda, Anda perlu mendapatkan beberapa data keras tentang penurunan peringkat Anda.
Pertama, Anda perlu mencari tahu seberapa jauh Anda telah jatuh. (Dan jika Anda tidak memeriksa peringkat Anda secara teratur, Anda perlu melakukannya.)
Tujuannya adalah untuk mencari tahu mengapa halaman saya peringkat lebih rendah dari yang ini.
Tapi Anda tidak bisa secara betul mempercayai pencarian Google. Sebagai gantinya, gunakan alat seperti serps.com untuk mendapatkan data empiris tentang peringkat Anda saat ini.
Jika anda ingin membukanya saya telah siapkan link di bawah ini:
https://serps.com/tools/rank-checker/
https://serps.com/tools/rank-checker/
Masukkan kata kunci yang telah Anda raih peringkatnya dan masukkan URL yang relevan yang sudah terjatuh.
Anda juga dapat memilih untuk memeriksa peringkat untuk desktop atau mobile. Ini penting karena hasil penelusuran seluler mungkin terlihat berbeda dari hasil desktop.
Tekan "Go" Dan alat akan melakukan hal itu. Setelah beberapa detik, Anda akan melihat hasilnya.
Bandingkan ini dengan peringkat terakhir Anda dan pastikan peringkat baru sebenarnya lebih rendah dari yang sebelumnya.
Anda juga harus memeriksa berapa banyak lalu lintas telah sampai ke situs Anda selama beberapa hari terakhir. Jika Anda melihat penurunan, maka Anda mungkin memang kehilangan beberapa peringkat.
Jika Anda cukup yakin Anda telah mengalami penurunan, kembalilah dan lakukan pencarian Google dengan cepat untuk kata kunci Anda. Lihat situs apa yang ada di atas Anda.
Apakah Kamu Mendapat Sanksi?
Pada sebagian besar kasus, hukuman bisa menjadi alasan di balik penurunan peringkat.
Kebanyakan webmaster tidak menganggap situs mereka memiliki kekurangan yang layak mendapat penalti. Namun kenyataannya, ada banyak alasan mengapa situs Anda layak mendapat penalti.
Bacalah daftar ini dan tanyakan pada diri Anda apakah situs Anda bersalah karena SEO.
Jika demikian, identifikasi masalah dan lakukan langkah-langkah untuk memperbaikinya.
Bahkan jika Anda belum melakukan apapun dalam daftar itu, Anda masih bisa mendapat penalti.
Algoritma Google sering diperbarui, dan sangat rumit. Mereka memperhitungkan ratusan faktor saat mempertimbangkan peringkat.
Suatu hari, situs Anda mungkin tidak pantas mendapat hukuman, dan berikutnya, mungkin juga.
Penting untuk memahami jenis hukuman: manual dan algoritmik.
Sanksi manual diberikan oleh tim webspam Google saat mereka mengetahui aktivitas yang mencurigakan.
Ini bisa jadi hasil dari hubungan yang tidak wajar, atau seseorang bisa mengajukan laporan spam terhadap Anda.
Jika Anda menerima hukuman manual, sebaiknya Anda mendapat pemberitahuan di Alat Webmaster Google .
Jenis hukuman lainnya adalah hukuman algoritmik.
Hukuman ini lebih sulit dilacak karena tidak ada cara pasti untuk mengetahui bahwa Anda menerimanya.
Untuk mengetahui apakah Anda telah mendapatkan hukuman algoritmik , Anda harus memahami bagaimana algoritme Google bekerja .
Berikut adalah daftar beberapa algoritma Google yang paling penting beserta beberapa penjelasan tentang apa yang mereka lakukan.
Jika Anda menemukan bahwa Anda melakukan sesuatu yang tidak disukai oleh algoritma, ada kemungkinan Anda mendapat penalti.
Tapi Anda juga harus memikirkan hukuman baru. Jika peringkat Anda turun secara acak, periksa direktori update update Google yang sangat bagus untuk melihat apakah ada yang baru di tempat kerja.
Algoritma baru bisa menjadi alasan mengapa Anda melihat peringkat yang lebih rendah. Jika itu terjadi, penelitian algoritma dan mencari tahu apa itu menghukum.
Saya yakin Anda telah mengajukan pertanyaan ini sepanjang waktu: " Jika saya memiliki penalti, apa yang harus saya lakukan? "
Itu mudah. Anda hanya perlu menghapus atau memperbaiki apapun yang menyebabkan Anda mendapatkan penalti.
Konon, alasan penalti Anda bisa jadi salah satu masalah yang akan saya bicarakan di artikel ini.
Jadi teruslah membaca dan lihat apakah situs Anda menderita masalah ini.
Apakah Anda Memiliki Masalah Link?
Pikirkan link sebagai peningkatan SEO anda. Ini pada dasarnya bagaimana Anda membeli otoritas.
Jadi tidak mengherankan jika profil link yang kuat berkorelasi dengan rangking tinggi. Flipside adalah bahwa profil link yang lemah berkorelasi dengan rangking rendah.
Biasanya, bisnis tidak sadar. Itu karena link yang lemah adalah silent killer of SEO.
Itulah mengapa Anda harus memastikan profil link Anda kuat.
Pertama, lakukan audit link dari situs Anda. Berikut adalah panduan langkah-demi-langkah tentang cara melakukannya.
Untuk versi singkat, gunakan alat analisis backlink seperti SEMrush Backlink Checker untuk melihat di mana link buruk Anda berada.
Jika Anda menemukan tautan buruk, hubungi situs tersebut dan mintalah mereka untuk menghapus tautannya.
Jika itu tidak berhasil, gunakan alat Google Disavow sebagai upaya terakhir.
Namun, saya telah menemukan bahwa sekitar 90% dari waktu, melakukan audit backlink akan membantu Anda menemukan tautan buruk.
Tapi ada masalah disini.
Seringkali, alasan di balik masalah tautan tidak begitu jelas. Jika profil link anda terlihat oke setelah audit, masih ada masalah.
Berikut adalah beberapa masalah yang dapat dihadapi oleh profil tautan Anda.
Kehilangan Link
Tahukah Anda bahwa Anda bisa kehilangan tautan inbound dan outbound?
Kehilangan link outbound masuk akal, tapi inbound link?
Ya, Anda bisa kehilangan tautan internal meskipun konten Anda sudah ada. Mari kita bicara tentang yang pertama.
Jika Anda sering meluncurkan kembali, mengubah citra, atau mendesain ulang situs Anda, Anda mungkin kehilangan beberapa tautan di sepanjang jalan.
Mengapa ini terjadi? Ini ada hubungannya dengan pengalihan dan mengubah situs Anda dengan lancar.
Mari kita bahas tentang transisi situs terlebih dahulu.
Jika Anda menghapus entri blog lama, tautan ke pos tersebut tidak akan berfungsi.
Pada gilirannya , ini akan melemahkan struktur internal linking situs Anda dan kompromi SEO Anda.
Anda akan memiliki satu link kurang, yaitu menghapus sebagian jaringan penautan internal Anda.
Ini tidak optimal karena itu berarti dua hal: A) Anda harus memperbaiki link dan B) Anda akan memiliki lebih sedikit konten di situs Anda..
Itu sebabnya saya sarankan untuk tidak menghapus konten kecuali Anda benar benar harus melakukannya. Anda selalu bisa memperbaruinya .
Itu hanya salah satu contoh link yang hilang.
Alasan lain mengapa Anda bisa kehilangan link internal adalah redirect yang salah.
Hal ini sering terjadi dengan 301 pengalihan.
Tapi ada masalah unik yang perlu Anda sadari.
Karena 301 disebut redirect permanen, banyak orang beranggapan bahwa redirect akan selalu bekerja.
Tapi tidak .
Jika Anda baru saja membuat situs baru, Anda bisa langsung dari domain lama ke yang baru tanpa hambatan.
Masalahnya adalah ketika Anda merubah situs Anda lebih dari satu kali.
Itu karena pengalihan dari versi situs yang lebih lawas jarang diteruskan ke yang lebih baru.
Selain itu, jika Anda mendapatkan domain baru dan domain yang lebih tua akan kedaluwarsa, hal itu dapat menyebabkan kerugian lalu lintas yang signifikan karena 301 tidak akan berfungsi lagi.
Jika Anda menemukan buruk 301 memberikan Anda masalah , Anda harus memperbaiki itu.
Pertama, Anda perlu menemukan tautan target yang coba coba Anda tuju.
Jika tautan tersebut sudah mati, kemungkinan besar Anda perlu menghapus tautannya.
Anda juga bisa mengembalikan konten lama atau membuat konten baru untuk menyimpan tautan di halaman Anda. Ini adalah ide bagus jika halaman yang bermasalah mendapat banyak lalu lintas.
Anda perlu melakukan apa yang terbaik bagi pengunjung Anda. Jika mereka kehilangan konten hebat dan komprehensif , Anda harus memastikan konten tetap berada di situs Anda.
Anda juga harus memeriksa link yang rusak. Anda bisa menggunakan tool seperti deadlinkchecker.com untuk melakukan ini:
Mungkin beberapa anda tidak ingin melihat kesalahan pada status situs anda.
Tapi jika anda melihat kesalahan, Anda akan dapat melihat URL yang tidak berperilaku dengan benar.
Tapi bagaimana dengan outbound links?
Jika Anda menemukan tautan keluar yang tidak lagi berfungsi, buang saja dan ganti dengan menautkan ke situs otoritas lain.
Akhirnya, mari kita bicara tentang link balik yang Anda dapatkan dari situs lain.
Jika audit tautan Anda menemukan bahwa Anda telah kehilangan beberapa tautan, temukan situs yang menjatuhkan tautan Anda. Hubungi mereka dan dengan sopan tanyakan apakah mereka bisa menghubungkan kembali situs Anda.
Biasanya, Anda bisa mendapatkan link kembali.
Jika Anda tidak bisa, maka, sayangnya, Anda harus membuatnya sebagai kerugian. Kabar baiknya adalah bahwa ini tidak terjadi terlalu sering.
Ketika itu terjadi, Anda dapat berfokus pada strategi backlink Anda dan membangun lebih banyak tautan ke situs Anda untuk menebus yang hilang.
Kesimpulan
Turunkan posisi atau dua di SERPs terjadi pada yang terbaik dari kita.
Itu bahkan terjadi pada saya .
Jika ini terjadi, jangan panik.
Anda mungkin juga merasakan hal ini. Tapi Anda tidak perlu khawatir.
Anda dapat dengan mudah bangkit kembali dari penurunan peringkat.
Dan cobalah tips yang sedikit saya berikan ini.
Ini bukan hanya sedikit tips. Ini adalah metode teruji dan benar yang akan membantu Anda merebut kembali tempat Anda di SERPs.
Tidak ada yang pantas kehilangan rangkingnya. Terlebih lagi, mudah untuk memperbaikinya. Jangan biarkan kejutan awal menghentikan Anda untuk mendapatkan rangking Anda kembali.
Apa strategi favorit Anda untuk pulih dari penurunan peringkat?