Tapi, membuat blog tanpa rencana rinci tidak akan membawa hasil konkret yang bisa Anda bangun dan perbaiki. Dengan demikian, perlu dibuat rencana pemasaran yang hebat untuk blog Anda. Dengan mengambil langkah perencanaan ini, Anda akan membuat konten lebih mudah dan mendapatkan hasil dengan cepat tanpa kehilangan waktu atau uang.
Sekarang, mari kita lihat apa itu rencana pemasaran, mengapa Anda memerlukannya dan bagaimana Anda bisa membuatnya.
Apa itu rencana pemasaran?
Rencana pemasaran terdiri dari semua rincian strategi pemasaran yang akan Anda terapkan. Hal ini diperlukan untuk mengoptimalkan anggaran iklan Anda dan memastikan kampanye Anda akan efektif.Ketika membahas pemasaran blog, rencana tersebut perlu mencakup hal-hal berikut:
- Jadwal penerbitan
- Target pemirsa
- Audit isi
- Strategi media sosial
- Iklan berbayar
- Menjangkau influencer
- Proses penelitian kata kunci
- Analisis persaingan
- Implementasi gambar
- Kualitas konten
- Biaya rinci
- Tujuan pemasaran
- Dan rincian lainnya
Tujuan dari rencana pemasaran yang hebat juga mencakup estimasi anggaran dan mengetahui bahwa setiap dolar yang diinvestasikan akan terbayar dalam jangka panjang.
Mengapa Anda memerlukan rencana pemasaran?
Banyak bisnis mengerti betapa pentingnya pembuatan konten. Tapi, banyak yang mulai membuat konten tanpa sistem tertentu. Secara umum, strategi pemasaran membutuhkan waktu untuk berkembang. Membuat kesalahan pada awalnya, bisa berdampak pada anggaran perusahaan, dalam jangka panjang, membuat pemasaran blog tidak ada gunanya.Bagaimana cara menghindari jenis masalah ini? Cara terbaik adalah membuat rencana yang bisa Anda ikuti. Meskipun butuh waktu, membuat rencana menempatkan Anda pada posisi di mana Anda tahu tujuan apa yang akan dicapai dan metode mana yang akan digunakan.
Tanpa itu, Anda akan melakukan hal-hal acak, tanpa memahami atau mengenali arah yang Anda hadapi.
Dengan demikian, rencana pemasaran blog yang terperinci paling penting akan membantu Anda tetap pada anggaran, tanpa mengorbankan tujuan yang diinginkan.
Untuk mendapatkan ide yang lebih baik dari apa yang sedang kita bicarakan, mari gali detail berikut yang akan membantu Anda membuat rencana pemasaran untuk blog Anda.
Langkah untuk membuat rencana pemasaran blog
Membuat rencana harus melibatkan pengembangan dua rencana terpisah. Rencana pertama adalah fokus pada kualitas konten yang akan Anda bangun. Sementara rencana kedua harus berkisar pada rincian promosi.Dengan mengerjakan dua rencana ini, Anda akan dapat membuat konten yang relevan untuk audiens Anda dan mempromosikannya melalui saluran yang benar.
Rencana pembuatan konten
Tidak peduli seberapa bagus rencana promosi Anda, memberikan konten buruk kepada audiens Anda tidak akan membawa hasil positif. Sebenarnya, ini akan menyia-nyiakan waktu dan uang. Dengan demikian, fokus pada kualitas konten harus menjadi prioritas nomor satu. Langkah-langkah berikut dapat membantu dalam prosesnya:
Tetapkan tujuan yang jelas.
Apa yang akan menjadi tujuan blog Anda? Apakah Anda ingin lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda? Apakah Anda menginginkan tingkat konversi yang lebih tinggi? Apakah Anda ingin melakukan penjualan darinya?
Ini hanya beberapa target yang harus Anda tetapkan saat Anda mulai mengerjakan tujuan Anda. Pada sebagian besar kasus, tujuan sebuah blog adalah untuk menarik lalu lintas, tapi begitu ada lalu lintas, Anda perlu tahu di mana Anda ingin mengarahkannya.
Selalu kerjakan tujuan blog anda. Mereka mungkin berubah seiring berjalannya waktu, namun penting untuk tetap mengarah ke arah tertentu dan mempublikasikan konten dengan sebuah tujuan. Tanpa tujuan, Anda berdua, penulis dan keseluruhan blog Anda akan mengalami kinerja buruk.
Tentukan target pemirsa Anda.
Untuk siapa anda menulis konten anda? Tentukan siapa yang akan membaca konten Anda dan mengapa. Sebaiknya targetilah kelompok pelanggan potensial tertentu. Setelah beberapa lama, Anda bisa mulai memperluas dampak blog Anda.
Menganalisis persaingan.
Anda memulai di pasar yang kompetitif. Rencana pemasaran Anda harus mencakup apa yang sedang dilakukan kompetisi. Ini akan memberi Anda wawasan tentang apa yang dapat Anda tawarkan kepada audiens Anda bahwa pesaing belum melakukannya.
Tapi, jangan terbawa dalam proses penelitian, itu bisa menjadi buang-buang waktu. Lihatlah konten bisnis lainnya dan deduksikan metode mereka. Kemudian, mulailah mengerjakan konten yang akan menjadi lebih baik.
Tentukan kualitas konten.
Konten adalah dasar dari setiap blog. Semakin baik itu, semakin besar dampak konten Anda akan menjadi penonton. Konten berkualitas tinggi harus mencakup informasi berharga bagi pembaca.
Ini adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa pengunjung akan tinggal di blog Anda dan membaca keseluruhan artikel. Selain itu, konten bagus dibagikan. Hal ini semakin menantang bagi orang untuk menemukan sumber online yang hebat, sehingga mereka cenderung untuk berbagi informasi berkualitas yang mereka temukan.
Tambahkan konten visual.
Menyajikan informasi secara visual terkadang lebih efisien. Tambah, lebih mudah untuk berbagi dan menarik lebih banyak perhatian. Jadi, temukan beberapa tempat dalam rencana Anda untuk menambahkan konten visual dari waktu ke waktu.
Menganalisis dan memperbaiki.
Dari saat Anda mulai membuat rencana, pastikan untuk menambahkan semua analisis yang diperlukan ke blog Anda. Buat jadwal untuk melakukan pengecekan rutin terhadap perilaku pengunjung. Wawasan ini akan menarik tujuan Anda untuk Anda. Melakukan hal ini setidaknya sekali per bulan diperlukan untuk membuat blog Anda jauh lebih efisien.
Ini akan menunjukkan jenis konten apa yang paling menarik perhatian, dari mana pembaca Anda berasal dan kapan mereka membaca blog Anda. Dengan mengetahui bagian ini, Anda dapat mulai menyesuaikan konten Anda untuk menghasilkan hasil yang lebih baik.
Ini adalah hal dasar yang harus Anda sertakan dalam rencana pemasaran blog Anda. Anggap mereka fondasi yang diperlukan yang akan membentuk kinerja strategi pemasaran Anda.
Sederhananya, blog yang bagus akan membantu Anda mengubah bisnis Anda menjadi merek otentik yang membawa pengetahuan berharga kepada pelanggan. Tidak peduli apa niche Anda berada, pendekatan ini akan bekerja.
Setelah Anda membuat rencana pembuatan konten, sekarang saatnya untuk mempertimbangkan opsi promosi apa yang Anda miliki.
Rencana promosi
Begitu Anda mempublikasikan konten di blog Anda, sekarang saatnya untuk melangkah lebih jauh dan meletakkannya di depan semua orang di luar sana. Ada banyak taktik promosi yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan blog Anda. Mari kita lihat pilihan yang paling populer.
Berkolaborasi dengan influencer.
Strategi ini digunakan oleh perusahaan yang tak terhitung jumlahnya, karena influencer memiliki keuntungan signifikan dibandingkan jenis iklan lainnya.
Seorang influencer yang memiliki komunitas kuat di belakangnya memiliki otoritas tinggi dan banyak koneksi. Rencana pemasaran Anda harus mencakup kemungkinan bekerja dengan influencer. Ini bisa membawa hasil yang luar biasa untuk investasi satu kali.
Temukan influencer di niche Anda dan mintalah dia untuk memulai kolaborasi, Maka akan segera membawa traffic ke blog anda.
Tetapkan kehadiran media sosial.
Kehadiran media sosial diperlukan untuk semua jenis bisnis. Satu-satunya hal yang harus Anda pikirkan adalah platform mana yang harus dipusatkan.
Konten visual akan memiliki keterlibatan yang lebih baik pada jaringan yang berfokus pada gambar, sementara format teks mungkin lebih baik untuk Facebook atau Linkedin.
Hal yang baik adalah Anda selalu dapat melacak kinerja pemasaran jaringan media sosial Anda. Ini akan menunjukkan tempat untuk mengalihkan sebagian besar usaha Anda.
Dengan kampanye jaringan media sosial, Anda bisa mendapatkan jumlah pengunjung baru yang tinggi.
Merangsang sharing.
Anda ingin konten Anda menjangkau sebanyak mungkin orang. Pertimbangkan untuk membuat rencana yang akan mendorong orang untuk berbagi konten. Misalnya, tawarkan gratis untuk semua orang yang berbagi konten dari blog Anda.
Buat milis.
Mailing list masih bekerja dengan baik. Orang yang meninggalkan informasi email mereka dijamin memiliki ketertarikan pada blog Anda.
Dengan demikian, menjangkau mereka akan mengingatkan mereka untuk kembali dan melihat konten baru yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda dapat menggabungkan konten satu bulan dan mengirimkannya ke pelanggan Anda, Mereka akan merasa jauh lebih dihargai.
Siapkan kampanye PPC.
Sebelum mengambil langkah ini, pastikan ada banyak konten di blog Anda. Meskipun Anda akan mempromosikan beberapa konten, sebenarnya Anda mengiklankan keseluruhan blog Anda. Pastikan bahwa dalam kondisi sempurna sebelum Anda mulai beriklan.
Keuntungan lain dari kampanye PPC adalah jumlah kontrol di tangan Anda. Anda dapat menargetkan pemirsa tertentu dengan iklan Anda.
Bekerja pada pemasaran inbound.
Rencana Anda harus mencakup strategi promosi jangka panjang. Memiliki sejumlah besar link yang mengarah ke blog Anda akan membantu rangking blog Anda di hasil search engine.
Dengan demikian, Anda seharusnya tidak hanya memikirkan kata kunci tetapi juga meneruskan tautan alami dari situs web lain ke konten Anda.
Keberhasilan strategi ini bergantung pada jenis konten yang Anda ciptakan. Statistik yang lebih berharga dan informasi unik yang Anda miliki, semakin tinggi kesempatan orang lain untuk menghubungkan Anda sebagai sumber. Tautan ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak peringkat penelusuran teratas.
Merencanakan dan memilih strategi promosi Anda sangat penting untuk menyampaikan konten Anda ke jenis pemirsa yang tepat. Jadi, keseluruhan proses harus dilakukan dengan hati-hati dan meningkatkan kesuksesannya sejak awal.
Kesimpulan
Bekerja pada kedua rencana tersebut akan membiarkan Anda menyinkronkan keseluruhan proses dan mulai mengerjakan konten yang akan menjadi promosi yang ramah.
Ini akan membiarkan Anda menghemat banyak waktu selama keseluruhan proses. Jika Anda melakukannya dari saat Anda mulai mengerjakan blog Anda, Anda dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih cepat, dan membuat blog Anda lebih cepat.