Iklan Facebook dengan cepat menjadi platform go-to untuk iklan berbayar.
Menurut Business 2 Community , "Facebook menyumbang 9 persen dari pengeluaran iklan digital dan 18 persen dari pengeluaran iklan digital mobile global."
Hal yang menakjubkan adalah audiens built-in yang bisa Anda jangkau.
Lihat saja bagaimana tingkat suku bunga tumbuh dalam beberapa tahun terakhir.
Tidak hanya itu, orang menghabiskan banyak waktu di Facebook.
Padahal, rata-rata orang menghabiskan waktu 40 menit setiap harinya.
Bila Anda benar-benar menghancurkan semuanya, pemasar Facebook semua memiliki minat dan prioritas tunggal memaksimalkan rasio klik-tayang (RKPT) mereka.
Lebih khusus lagi, mereka ingin agar klik mereka berasal dari timbal yang berkualitas dan relevan yang kemungkinan akan dikonversi.
Ini merupakan pertanyaan sederhana namun sangat penting.
Bagaimana Anda bisa mendapatkan lebih banyak klik pada Iklan Facebook Anda?
Sekarang saya ingin membahas berbagai teknik dan taktik yang didasarkan pada penelitian menyeluruh yang telah saya baca dari berbagai sumber.
Ini seharusnya tidak hanya membantu Anda mendapatkan lebih banyak klik tapi memastikan bahwa Anda akhirnya mendapatkan tingkat konversi yang solid juga.
Menargetkan Demografis Anda
Seperti yang saya katakan tadi orang minimal 40 menit bermain Facebook.
Anda benar-benar memiliki orang-orang dari semua lapisan masyarakat masuk ke akun mereka setiap hari.
Untuk alasan ini, penting bagi Anda untuk mempersempit audiens Anda sehingga iklan Anda ditampilkan kepada orang yang tepat.
Hal ini dilakukan dengan bersikap super spesifik dengan demografis yang Anda targetkan dan membiarkan Facebook tahu dengan pasti siapa yang ingin Anda capai.
Untungnya, Facebook membuat ini cukup mudah dilakukan.
Ini hanya masalah penargetan pengguna berdasarkan faktor seperti lokasi, minat, kelompok usia, jenis kelamin dan sebagainya.
Inilah yang ingin Anda lakukan.
Setelah membuat kampanye dan akun iklan di Pengelola Iklan, Anda akan sampai ke langkah ketiga: Set Ad Anda.
Di sinilah Anda akan melihat layar ini.
Gulir ke bawah sedikit saja, dan Anda akan sampai ke bagian "Audience".
Di sinilah Anda "menentukan audiens, anggaran, dan jadwal Anda."
Katakanlah ada Toko kecil anda dan tempatnya Cupertino.
Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memilih lokasi Anda dan membuat radius untuk memastikan iklan Anda hanya ditampilkan tepat di dalam dan sekitar Cupertino yang lebih besar.
Untuk melakukan ini, Anda akan memasukkan "Cupertino" di kotak "Tambahkan lokasi".
Selanjutnya, Anda pasti ingin memilih radius yang tepat.
Pengaturan default adalah +25 mil, namun Anda dapat mengubahnya dengan mengklik + 25mi.
Selanjutnya, Anda ingin memilih kelompok usia yang tepat untuk demografis Anda.
Pengaturan standarnya adalah 18 - 65, tapi Anda juga bisa menyesuaikannya.
Jika Anda hanya menargetkan jenis kelamin tertentu, Anda dapat memilih pria atau wanita di bawah bagian "Jenis Kelamin".
Bagian "Bahasa" anda juga dapat menargetkan sesuai yang anda butuhkan.
Area yang benar-benar perlu Anda perhatikan adalah "Penargetan Terperinci."
Anda pasti ingin memikirkannya dengan cermat dan mencakup pemirsa yang hiper spesifik.
Anda dapat secara manual memasukkan demografi, minat, atau perilaku atau membiarkan Facebook membantu Anda menemukan kriteria terbaik.
Perhatikan bahwa Facebook secara otomatis akan memberi Anda ide lain berdasarkan istilah apa pun yang Anda masukkan.
Pilih saja yang paling relevan dengan audiens Anda.
Seperti di Google Adwords dimana ada kata kunci negatif, Anda bisa mempersempit demografi Anda dengan mengecualikan orang-orang tertentu.
Intinya di sini adalah ekstra menyeluruh saat mengidentifikasi demografis Anda.
Hal ini tidak hanya akan membantu Anda meningkatkan RKPT Anda, namun meningkatkan rasio konversi untuk ROI keseluruhan yang lebih baik.
Gambar
Sekarang untuk yang jelas gambar.
Salah satu alasan mengapa saya menyukai Iklan Facebook adalah karena ini adalah satu-satunya platform PPC yang memungkinkan Anda menggunakan gambar, yang merupakan nilai tambah besar dalam iklan Anda.
Tapi tentu saja, tidak sembarang gambar pun akan cukup.
Gambar yang Anda gunakan akan mendominasi iklan Anda, jadi Anda harus memilih dengan sangat hati-hati.
Kontras
Tujuannya sederhana. Anda ingin segera menarik perhatian pengguna dan mendapatkan bola mata pada iklan Anda.Cara yang pasti untuk melakukannya adalah dengan menggunakan banyak kontras.
Saya pribadi lebih memilih latar belakang terang dengan gambar yang lebih terang di latar depan.
Saya secara pribadi merupakan pendukung untuk tetap berpegang pada estetika yang bersih, sederhana, hampir minimalis.
Ini terlihat hebat dan membantu orang fokus.
Haruskah Saya Menggunakan Stok Foto?
Naluri banyak pemasar Facebook, terutama saat mereka baru memulai, adalah dengan menggunakan stok foto.
Ini cepat, mudah, dan murah (Facebook memberi mereka gratis).
Tapi menurut saya, ini adalah sesuatu yang harus dihindari.
Mengapa?
Banyak foto stok memiliki kecanggihan pada mereka dan tidak merasa otentik.
Mereka merasa sangat amatir.
Lihat apa yang saya maksud
Meskipun stok foto biasanya oke untuk posting blog dan jenis konten lainnya Biasanya saya menyarankan agar tidak menggunakannya untuk Iklan Facebook.
Kebanyakan orang terbiasa melihat foto nyata teman dan keluarga mereka di Facebook, stok foto biasa-biasa saja tidak akan memotongnya.
Sebagai gantinya, coba dan gunakan gambar asli karena cenderung mendapatkan lebih banyak klik.
Buat Judul Sempurna
Jadi Anda telah menargetkan pemirsa inti Anda dan telah menggunakan citra yang menarik perhatian pengguna Facebook.
Elemen kunci ketiga dari Iklan Facebook yang hebat adalah tajuk utama Anda.
Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, tajuk utama yang Anda gunakan dalam konten Anda sangat penting.
Untuk menempatkan perspektif pada hal-hal, " 8 dari 10 orang akan membaca salinan utama, tapi hanya 2 dari 10 yang akan membaca sisanya."
Jika saya harus menggunakan dua kata untuk menggambarkan judul sempurna mereka akan singkat dan spesifik .
Jadi bagaimana pendek pendek?
Nah, menurut Jeff Bullas.
Jumlah posting kurang dari 80 karakter menerima keterlibatan 66 persen lebih tinggi daripada posting yang lebih lama.Ketika saya mengatakan "spesifik," maksud saya tetap tajuk utama Anda ditargetkan langsung ke penawaran Anda.
Harus jelas apa tawaran Anda untuk pengguna Facebook dan seharusnya tidak ada kebingungan.
Selain hanya mendatangkan lebih banyak klik, ini harus memaksimalkan jumlah yang akhirnya akan dikonversi.
Sertakan Pendapat Pribadi Anda Sendiri
Inilah trik kecil yang cerdik yang tidak banyak orang ketahui tapi benar-benar bisa menghidupkan RKPT Anda.
Dan itu secara halus membuat menurut pendapat pribadi Anda.
Meskipun hal ini mungkin tidak tampak seperti memiliki dampak mendalam, Anda mungkin akan terkejut dengan efek sebenarnya.
Saat kita mengujinya, selisih RKPT adalah 8 persen, perbedaan yang signifikan.
Jadi kapanpun berlaku, coba trik kecil ini.
Hanya butuh satu detik tapi bisa memiliki dampak yang cukup besar.
Tambahkan Tombol CTA
Sudah cukup didokumentasikan dengan baik bahwa orang secara keseluruhan merespons tombol CTA dengan baik .
Dan tahukah Anda bahwa Facebook memungkinkan Anda menambahkan dengan mudah tombol CTA ke iklan Anda?
Itu benar.
Anda dapat memilih dari berbagai opsi CTA seperti "Download," "Learn More" dan "Shop Now."
Cukup periksa bagian ini dari Pusat Bantuan Pengiklan Facebook untuk panduan langkah demi langkah tentang cara mengaturnya.
Tawarkan Bukti Sosial
Bukti sosial adalah masalah besar.
Sebenarnya, saya percaya bahwa dalam banyak kasus bisa membuat atau menghancurkan Anda.
Anda benar-benar dapat menggunakan bukti sosial untuk leverage dengan Iklan Facebook juga.
Jelas, situasi spesifik akan berbeda tergantung pada tujuan unik Anda dan apa yang ingin Anda promosikan.
Namun ingatlah konsep bukti sosial saat membangun iklan Anda.
Lakukan apapun yang Anda bisa untuk mengatasi skeptisisme atau ketakutan yang mungkin dimiliki audiens Anda dan hal itu mungkin menghambat mereka untuk tidak mengklik.
Waktunya Posting Anda
Salah satu cara agar Iklan Facebook berbeda dari platform PPC konvensional lainnya adalah Anda menggunakan jaringan sosial.
Dan ada faktor besar yang diketahui pemasar media sosial cerdas waktu.
Waktu di mana Anda mengeposkan sesuatu akan memengaruhi jumlah tayangan dan klik yang diterimanya.
Inilah poin utama yang perlu Anda ketahui.
Waktu yang optimal untuk posting di Facebook menurut para ahli adalah antara jam 9 pagi dan 7 malam
Tapi saya merasa ini agak luas.
Menurut penelitian, 1 siang adalah yang terbaik untuk mendapatkan share terbanyak dan pukul 3 sore sangat ideal untuk mendapatkan klik terbanyak.
Karena tujuan kami disini adalah menghasilkan jumlah klik maksimum, pukul 3 sore adalah saat yang tepat untuk melakukan pemotretan dengan Iklan Facebook Anda.
Berikut adalah beberapa saran lain yang telah saya pelajari dari pengalaman dan pengujian.
Posting sekali setiap hari akan memberi Anda jumlah klik terbanyak per posting.
Itu karena orang cenderung mengabaikan konten Anda saat Anda mengeposkan beberapa kali per hari.
Selain itu, cobalah untuk membagikan pos paling berharga Anda pada hari Kamis atau Jumat karena tingkat keterlibatan 3,5 persen lebih tinggi pada hari-hari ini.
Kesimpulan
Saya menemukan Iklan Facebook menjadi salah satu platform PPC yang paling menarik saat ini.
BPK cukup masuk akal dibandingkan dengan banyak platform lainnya, dan Anda berpotensi menjangkau lebih dari satu miliar orang.
Tentu saja, ada banyak faktor yang akan menentukan seberapa sukses Anda.
Anda tidak bisa sembarangan menampar beberapa iklan dan berharap bisa menghancurkannya.
Anda perlu menggunakan prinsip yang telah terbukti dan pemicu psikologis yang kita ketahui untuk fakta yang ditanggap oleh orang.
Dengan mengikuti rumus yang saya jelaskan, sebaiknya Anda memperbaiki RKPT Anda dan dapatkan yang paling banyak untuk uang Anda dengan Iklan Facebook.