Itu benar.
Awalnya, saya menemukan beberapa stat blog yang mendasar dari warna.
Tapi setelah mempertimbangkan bagaimana visual kita sebagai manusia, itu masuk akal.
Rangsangan visual membimbing hampir semua hal yang kita lakukan.
Jadi mengapa akan berbeda ketika harus membeli?
Dan pikirkan saja beberapa merek terbesar di dunia.
Sebagian besar cenderung memiliki skema warna yang berbeda yang terkait dengan identitas merek mereka.
Warna Dan Branding
Seperti yang kita semua tahu, membangun identitas merek yang solid sangat penting.
Ini adalah bahan utama dalam membangun kepercayaan, membuat konsumen merasa nyaman, dan menciptakan pendukung merek jangka panjang.
Dan apa bagian integral dari sebuah merek?
Ya, logo nya lah.
Skema warna yang dipilih perusahaan untuk logonya selalu terjalin dengan identitas mereknya.
Menurut penelitian, "Warna meningkatkan pengenalan merek sebesar 80%.
Jadi saya pikir adil untuk mengatakan bahwa skema warna itu cukup penting.
Ada hal lain yang perlu diingat. Warna merek memiliki korelasi dengan nilai merek .
Merek yang berharga peduli dengan warna mereka.
Jika Anda ingin pergi dan main-main dengan warna merek yang ada, itu akan benar-benar mengubah bagaimana merek itu dirasakan.
Skema Warna Situs Web
Sama seperti penting untuk memilih warna yang tepat untuk logo merek Anda, sama pentingnya memilih skema warna yang tepat untuk situs web Anda.
Anda tidak ingin memilih skema warna Anda secara acak atau mendasarkannya pada "apapun yang terlihat keren" bagi Anda.
Tentu saja, Anda menginginkan estetika yang mengagumkan dan "membuatnya jadi pop", namun skema warna adalah sesuatu yang Anda ingin berikan banyak pemikiran.
Mengapa?
"Orang membuat penilaian bawah sadar tentang lingkungan atau produk dalam waktu 90 detik sejak awal melihat. Antara 62 dan 90 persen penilaian itu didasarkan pada warna saja. "
Jika Anda memilih skema warna yang tepat yang secara alami disesuaikan dengan demografi Anda, Anda sudah memenangkan setengah dari pertempuran.
Sekarang saya ingin menawarkan 12 tips penting tentang cara memilih skema warna situs web yang sempurna berdasarkan penelitian dan pengalaman pribadi saya sendiri.
1. Pahami Bagaimana Warna Mempengaruhi Emosi
Hal pertama yang saya sarankan adalah membiasakan diri dengan bagaimana warna mempengaruhi manusia pada tingkat emosional.
Perhatikan bahwa dampak warna bisa bervariasi tergantung lokasi geografis.
Misalnya, warna yang menarik bagi pembeli Amerika mungkin tidak menarik bagi pembeli India.
Saya juga menemukan Panduan Emosi Warna yang menjelaskan emosi yang kita kaitkan dengan warna dan memberi beberapa contoh merek yang menggunakan setiap warna.
Saya sarankan meluangkan waktu untuk melihat contoh-contoh ini dan memikirkan implikasi psikologis dari berbagai warna.
2. Pertimbangkan Keseluruhan Demografi Anda
Sekarang saya ingin Anda memikirkan target demografis Anda.
Siapa yang ingin Anda jangkau dan jual?
Apa jenis emosi yang ingin Anda bangun?
Ini adalah pertanyaan yang sangat penting untuk ditanyakan kepada diri sendiri.
Pertimbangkan kepribadian dan emosi audiens target Anda.
Kemudian pilih warna terbaik untuk dijadikan warna utama skema warna situs web Anda.
Misalnya, jika Anda adalah perusahaan makanan organik, taruhan terbaik Anda mungkin hijau karena dikaitkan dengan alam dan kesehatan.
3. Pertimbangkan Gender
Meskipun ini tidak berlaku untuk semua orang, beberapa perusahaan kebanyakan memenuhi jenis kelamin tertentu.
Jika Anda salah satu dari perusahaan ini, Anda pasti ingin tahu warna favorit pria dan wanita mana yang paling favorit.
Penelitian dari Joe Ceock 's Color Assignments menemukan bahwa rata-rata setiap jenis kelamin memiliki preferensi warna yang pasti.
Menurut beberapa rangkuman saya bahwa:
Pria sangat suka biru dan tidak menyukai coklat dan ungu.
Wanita seperti biru dan ungu dan tidak suka coklat dan oranye.
Ini hanya faktor lain yang perlu diingat.
4. Pertimbangkan Kelompok Umur
Inilah sesuatu yang perlu dipikirkan yang mungkin tidak jelas kelompok usia.
Apakah Anda juga tahu bahwa preferensi warna seseorang bisa berubah seiring bertambahnya usia?
Menurut penelitian dari Joe Hallock, itu benar.
Inilah warna favorit orang menurut kelompok usia.
Jika kelompok usia tertentu mendominasi demografi Anda, maka ini juga akan menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan.
5. Coba Ambil Quis Warna
Jika Anda memerlukan sedikit bantuan untuk menentukan warna primer, Anda mungkin ingin mengambil kuis.
Ini akan menanyakan hal-hal seperti apa yang paling menggambarkan pelanggan Anda dan "jenis produk yang Anda tawarkan."
Ini cepat dan mudah tapi bisa mengarahkan Anda ke arah yang benar jika Anda sedikit bingung mengenai arah mana yang harus diambil.
6. Lepaskan Bias Anda
Inilah kesalahan yang pernah saya lihat banyak bisnis saat memilih skema warna.
Dan itu mendasarkannya pada preferensi pribadi mereka daripada psikologi.
Jika warna favorit Anda berwarna biru, sangat menggoda untuk membuat warna biru menjadi warna utama Anda.
Tapi jika Anda seorang perusahaan kosmetik yang menargetkan demografi wanita, ini akan menjadi sebuah kesalahan, dan Anda biasanya lebih baik pergi dengan warna ungu atau pink.
Ini hanya sesuatu yang perlu diingat karena Anda tidak ingin preferensi pribadi Anda berakhir dengan biaya penjualan dan berpotensi menipiskan merek Anda dari waktu ke waktu.
7. Tentukan Berapa Banyak Warna Yang Akan Digunakan
Jadi pada titik ini, Anda harus memiliki warna utama dalam pikiran.
Sekarang saatnya untuk mencari tahu berapa banyak warna yang ingin Anda gunakan secara total.
Meskipun tidak ada satu ukuran cocok untuk semua formula untuk ini, saya ingin menunjukkan sesuatu yang disebut aturan 60-30-10.
Singkat cerita, aturan ini digunakan untuk menghasilkan skema warna di bidang seperti desain interior dan fashion dan melibatkan pembagian tiga warna menjadi persentase untuk menciptakan "harmoni yang sempurna."
Begini bagaimana semuanya rusak:
- 60 persen warna dominan
- 30 persen warna sekunder
- 10 persen warna aksen
Perhatikan bagaimana warna hijau adalah warna utama, putih adalah warna sekunder dan hitam adalah warna aksen.
Jadi saat Anda merebus semuanya, ini berarti bahwa jumlah warna yang ideal untuk digunakan.
Sekarang saya tidak mengatakan bahwa Anda harus pergi dengan tiga warna, tapi itu angka yang bagus untuk ditembak.
Menggunakan lebih dari empat warna bisa membuat hal-hal rumit dan benar-benar jelek.
8. Pilih Set Warna Anda
Yang ingin Anda lakukan sekarang adalah menentukan rangkaian warna yang ingin Anda gunakan.
Sekarang saya bukan ahli desain, tapi satu hal yang pasti ingin Anda capai adalah kontras.
Saya pribadi lebih menyukai situs yang memiliki latar belakang berwarna terang dengan kontras yang lebih gelap di latar depan.
Hal ini akan mempermudah pada mata pengunjung Anda dan menciptakan setidaknya sejumlah daya tarik estetika.
Beberapa contoh yang saya rasa bagus adalah:
Jika anda lihat gambar ini mungkin anda sudah kenal. Amazon membuat warna situs mereka dengan warna biru gelap dan panduan latar warna putih.
9. Konsultasikan Roda Warna
Ingat kembali di kelas seni saat Anda belajar tentang "roda warna?"
Nah, ini bisa sangat membantu dalam memilih skema warna situs web.
Yang ingin Anda lakukan adalah memilih "warna analog" yang serupa dan saling berdekatan pada roda warna atau "warna pelengkap" yang saling berhadapan satu sama lain pada roda warna.
10. Gunakan Alat Bantu
Inilah tips untuk merampingkan prosesnya.
Gunakan alat seperti Colorspire.
Ini memberi Anda cara cepat dan mudah untuk menguji kombinasi warna yang berbeda untuk memberi Anda gagasan bagus tentang bagaimana mereka benar -
benar akan melihat di situs web Anda.
Ini bisa menghemat banyak waktu dan akan membantu Anda menemukan kombinasi warna yang tepat.
Atau jika Colorspire tidak menggelitik keinginan Anda, sebaiknya lihat daftar alat mengagumkan ini untuk memilih skema warna situs web.
11. Periksa Kompetisi
Anda juga bisa belajar banyak dari pesaing di industri Anda.
Sebaiknya periksa setidaknya tiga situs pesaing langsung dan cari pola menyeluruh dalam skema warnanya.
Ini akan memberi Anda rasa jenis nada yang mereka gunakan.
Dari situ Anda punya satu dari dua pilihan.
Buat skema warna yang serupa dengan cetakan konvensional.
Pergi ke arah yang berlawanan untuk membedakan diri Anda dari yang lain.
Saya secara pribadi merupakan pendukung pilihan kedua jika Anda ingin membangun merek yang berbeda.
12. Bandingkan Beberapa Skema Warna Yang Berbeda
Anda tidak perlu berkomitmen pada skema warna pertama yang Anda dapatkan.
Padahal, itu bisa sangat membatasi.
Yang saya sarankan muncul dengan tiga atau empat skema warna yang berbeda dan membandingkan masing-masing sisi demi sisi.
Mintalah rekan kerja atau mitra bisnis Anda melakukan hal yang sama untuk memahami apa yang berhasil dan mana yang tidak.
Kemudian sempitkan itu sampai Anda menemukan skema warna yang sesuai dengan merek Anda.
Kesimpulan
Anda tidak perlu menjadi seniman terkenal dunia untuk menghasilkan skema warna situs web yang bisa diterapkan.
Ini hanya masalah pemahaman psikologi dibalik warna dan emosi yang muncul berbagai warna.
Dengan sedikit eksperimen dan trial and error, Anda harus bisa menghasilkan skema warna situs web yang optimal.
Dalam jangka panjang, ini akan memungkinkan Anda membuat hubungan emosional dengan lebih banyak pengunjung dan dapat berkontribusi pada tingkat bouncing yang lebih rendah, lebih banyak waktu yang dihabiskan di situs Anda, dan rasio konversi yang lebih tinggi.
Semua itu bisa berdampak luar biasa pada bisnis Anda.